Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Pelatihan Penegakan Hukum di Laut
Oleh : Asyari
Selasa | 09-08-2022 | 10:04 WIB
latihan-gakkum-laut.jpg
Lantamal IV Tanjungpinang saat menggelar pelatihan penegakan hukum di laut mulai 8-11 Agustus 2022. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang menggelar pelatihan penegakan hukum di laut TW III-2022. Acara pelatihan dibuka Wadan Lantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat di Gedung Aula Yos Sudarso Mako Lantamal IV, Senin (08/08/2022).

"Pelaksanaan latihan ini berlangsung selama 4 hari, dimulai 8 - 11 Agustus 2022," kata Kolonel Andi Rahmat, dalam siaran persnya Lantamal IV, Selasa (09/08/2022).

Sambutan Danlantamal IV, yang disampaikan Kolonel Andi Rahmat, pada saat pembukaan, menekankan agar para prajurit pengawal dan penjaga Posal bisa mengerti tentang penegakkan hukum di laut.

"Pembekalan kepada prajurit pengawal KRI dan para penjaga Posal serta seluruh jajaran yang ada di Pangkalan diharapkan mengerti dan memahami tentang penegakan hukum di laut," ucapnya.

Bedasarkan UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, Pasal 9 disebutkan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan laut di wilayah yuridiksi nasional sesuai dengan hukum laut nasional dan hukum laut internasional yang diratifikasi.

"Prajurit Lantamal IV oleh organisasi dituntut memiliki kemampuan yang profesional sesuai bagian tugasnya masing-masing, diberikan pembekalan pengetahuan dan pemahaman dengan metode sosialisasi dan kursus singkat yang diadakan setiap triwulan di Mako Lantamal IV," tambahnya.

Dengan diadakannya pembekalan pelatihan ini diharapkan para prajurit dapat memahami dan mengerti sebagai bekal untuk mengemban dalam setiap pelaksanaan tugas negara dengan baik dan terarah.

Kegiatan pembukaan dihadiri para PJU (Pejabat Utama) Lantamal IV dan Kasatker juga para peserta perwakilan dari seluruh jajaran di bawah Lantamal IV.

Editor: Gokli