Perjuangan Cen Sui Lan Berbuah Manis

Pembangunan Jalan Nasional Petinting-Payalaman Anambas Dikerjakan Tahun Depan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 06-07-2022 | 16:04 WIB
CSL-Anambas1.jpg
Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan bersama Bupati Anambas Abdul Haris. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar, Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan berhasil perjuangkan anggaran pembangunan jalan nasional dari Petinting menuju Payalaman Pulau Matak, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepri.

Cen Sui Kan mengatakan, bahwa pada tahun 2023 mendatang, pemerintah pusat akan melakukan pembangunan jalan nasional Petinting menuju Payalaman Pulau Matak sepanjang 4,7 kilometer dengan nilai anggaran sebesar Rp 7,1 miliar.

"Pembangunan jalan nasional ini akhirnya tuntas. Untuk tahun 2023, dianggarkan sebesar Rp 71 miliar untuk penyelesaikan jalan nasional yang masih tersisa 4,7 kilometer di Anambas itu," kata Cen Sui Lan, Rabu (6/7/2022).

Penuntasan jalan nasional Petinting-Payalaman ini menjadi perhatian serius bagi Cen Sui Lan, karena sebelumnya Abdul Haris Bupati Kepulauan Anambas mengadakan audiensi dan diterima oleh Cen Sui Lan di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (15/11/2021) lalu.

Dalam audiensi ini, Bupati Kepulauan Anambas dan rombongan menyampaikan program-program pembangunan infrastruktur di Kabupaten Anambas, yang perlu dukungan dana dari APBN.

Upaya menuntaskan program pembangunan jalan nasional itu disampaikan kepada Cen Sui Lan, karena sejak tahun 2020, belum selesai.

"Pada saat menerima aspirasi dari Bupati Anambas Abdul Haris, pembahasan anggaran untuk 2022 ini, sudah selesai dibahas di DPR. Makanya setelah menerima aspirasi tersebut, langsung diusulkan untuk tahun anggara 2023. Alhamdulillah, sudah masuk," ujarnya.

Cen Sui Lan menjelaskan, anggaran untuk penyelesaian jalan nasional Petinting-Payalaman di Anambas ini, berbeda dengan daerah lainnya.

"Karena kondisi di lapangan yang membutuhkan pemadatan, kondisi lapangan sangat berbeda. Begitu penjelasan dari Pak Faizal Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR," lanjutnta.

Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, kini menjadi perhatian serius bagi Cen Sui Lan agar konektivitas dan disparitas daerah di Provinsi Kepri, sama-sama tumbuh dan maju.

"Makanya beberapa waktu lalu saya dan Pak Gubernur Kepri, bupati dan wali kota se-Kepri, saling koordinasi mengenai program-program infrastruktur yang perlu penanganan dan intervensi pusat. Ketika Raker dengan mitra Komisi V, saya mungkin sedikit agak keras. Itu semata-mata kita mau keadilan untuk daerah kita," tegasnya.

Cen Sui Lan melihat komposisi dana dari APBN yang masuk per pronvinsi se-Indonesia, tidak adil dan belum proporsional. Terutama untuk pembangunan dan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.

Contohnya, pemeliharaan rutin untuk jalan nasional di Provinsi Kepri, hanya 83 kilometer, sementara di provinsi lain, ribuan kilometer.

"Dari sisi ini saja, dana yang masuk sudah luar biasa complangnya. Ini salah satu contoh kecil saja, belum Ditjen ditjen lainnya," tutupnya.

Editor: Yudha