GKI Bundasudi Batam Buka Puasa Bersama Lazisnu di Ponpes Attamadun Tanjungriau
Oleh : Aldy
Kamis | 07-04-2022 | 20:04 WIB
bukber-GKI-Lazisnu.jpg
Pengurus GKI Bundasudi Batam saat buka puasa bersama Lazisnu Batam dan Pengurus Yayasan Attamadun Tanjungriau, Kamis (7/4/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebersamaan antara pengurus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bundasudi dengan pengurus Yayasan Attamadun serta pengurus dan Ketua Lazisnu Batam, dibuktikan dengan acara buka puasa bersama di Pondok Pesantren Attamadun Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, Kamis (7/4/2022).

Ketua Yayasan Attamadun, Wahid Ismail mengatakan, ini ajang silaturahmi yang luar biasa, diharapkan bisa mendapatkan keberkahan bersama. Di samping itu acara seperti merupakan ajang untuk berdialog dan berdiskusi.

"Ini merupakan acara sederhana namun luar biasa, di acara seperti ini kita bisa berdiskusi menyamakan persepsi dan rasa, sehingga bisa bermanfaat untuk semua ummat," ungkap Kiai Wahid Ismail.

Kiai Nahdatul Ulama ini, menambahkan, tentang yayasan yang sedang dipimpinnya, nama Attamadun sendiri berarti peradaban, nama ini diberikan oleh Kiyai sesepuh dari NU yaitu Said Aqil Siradj.

"Saya bawa nama ini ke Batam dan membuat satu yayasan, dengan harapan bisa berkontribusi kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan, santri kami belum banyak, karena keterbatasan infrastruktur, akan tetapi untuk sekolah umum, kita sudah lengkap, dari TK hingga tingkat SMA," terang Kiai Wahid Ismail.

Sementara Ketua GKI Bundasudi, Pendeta Nurkiyana Simatupang mengatakan, kegiatan seperti ini, sudah merupakan kegiatan rutin setiap tahun, akan tetapi untuk tahun ini merupakan tahun yang spesial, karena bertepatan umat nasrani juga sedang melakukan puasa.

"Tahun ini momentum yang pas, kami juga sedang melaksanakan puasa, bahkan kami puasa selama 40 hari, jadi ini momen buka puasa yang pas," ujar Pendeta Nurkiyana Simatupang.

Diterangkannya, program Bank Sampah yang digagas oleh Lazisnu Batam, suatu program yang sejalan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh GKI Bundasudi Batam. "Setelah saya mendengar program Lazisnu, ini menarik, karena program kita hampir sama, artinya ke depan kita harus duduk bersama untuk membicarakan lebih intens, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kebersihan Batam khususnya," terangnya.

Ketua Lazisnu Batam, Burhalimar yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, menyambut baik acara buka bersama dengan para pengurus GKI Bundasudi Batam. Di samaping acara buka puasa bersama, hal lain juga bisa menjadi program bersama adalah program yang telah dicanangkan oleh Lazisnu Batam yaitu Bank Sampah.

"Ini acara sederhana tapi luar biasa, di samping itu kita juga punya program Bank Sampah, semoga bisa berkolaborasi dengan para pengurus GKI Bundasudi, dan Alhamdulillah mereka menyambut baik," ungkap Burhalimar.

Dikatakannya, para pengurus GKI Bundasudi sudah berpengalaman dalam hal pemberdayaan sampah di Batam, oleh karenanya gabungan program dari unsur yang berbeda, diharapkan bisa mewujudkan program ini dengan baik. "Mereka sudah berpengalaman dalam hal ini, jadi kalau kita berkolaborasi, bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kebersihan Batam," ucap Burhalimar.

Sementara Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Fraksi PPP, Irwansyah mengatakan, ini sebuah kegiatan positif yang seharusnya bisa dicontoh dan diteruskan oleh banyak pihak, keharmonisan antara sesama umat beragama, merupakan fondasi yang sangat penting.

"Acara seperti ini sangat bagus, bahakan saya baru tahu, kalau saat ini saudara kita umat Nasrani juga sedang berpuasa, bahkan puasa mereka hingga 40 hari, momen buka bersama ini sangat bagus buat keduanya," pungkas Irwansyah.

Editor: Gokli