Fantastis, Kanopi Parkiran Mobil DPRD Batam Habiskan Dana Rp 198 Juta
Oleh : Putra Gema
Minggu | 05-12-2021 | 09:36 WIB
parkiran_mobil-dprd-batam-01.jpg
Parkiran mobil DPRD Batam yang dibangun dengan anggaran Rp 198 juta dari APBD 2021. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - DPRD Kota Batam kembali melakukan peremajaan lokasi parkir dengan membangun atap parkiran khusus untuk anggota dewan dengan nilai yang fantastis.

Kanopi parkiran dengan panjang 25 meter dan lebar 6 meter, yang hanya dapat menampung 10 unit mobil, dibangun dengan anggaran Rp 198 juta. Sungguh nilai yang sangat fantastis.

Pembangunan parkiran mobil yang menguras anggaran APBD 2021 senilai Rp 198 juta itu dibenarkan Sekertaris Dewan Kota Batam, Aspawi. Menurutnya, parkiran yang dapat menampung beberapa mobil tersebut dibangun dengan kualitas terbaik.

"Ya, itu senilai Rp 198 juta, tengok coba itu besi yang di atasnya itu tidak ada yang harga murah, besi nomor satu semua. Tetapi untuk yang lebih jelasnya, bisa langsung ke Kabag Umum (Sekertariat Dewan Batam)," kata Aspawi melalui telepon selulernya, Kamis (2/12/2021).

Di lokasi yang berbeda, Kabag Umum Sekertaris Dewan Batam, Rukun, menjelaskan bahwa kanopi parkiran ini dibangun menggunakan besi bright steel dan menggunakan atap membrane.

"Yang bikin mahal karena besinya menggunakan bright steel dan atapnya menggunakan membrane dengan pondasi yang cukup dalam mencapai 1,80 meter. Panjang parkirannya 25 meter," kata Rukun melalui telepon selulernya.

Sedangkan untuk ongkos pekerja, dirinya menjelaskan, diupah dengan harga Rp 180 ribu dan pembantu pekerja senilai Rp 130 ribu seharinya, dengan total lama pengerjaan selama 40 hari.

Sedangkan untuk bahan besi braight steel memakan biaya sebesar kurang lebih Rp 53 juta dan atap membran senilai Rp 79,5 juta dengan hitungan Rp 530 ribu dikali 150 meter persegi.

"Ini merupakan proyek pembangunan yang dianggarkan dari APBD 2021 dengan proses penunjukan langsung. Proyek pembangunan atap parkiran ini ke depannya akan dilakukan lagi dengan anggaran senilai Rp 600 juta, tetapi tidak dapat dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang karena anggarannya tidak ada," tutupnya.

Sedangkan pantauan di lokasi, atap parkiran yang menggelontorkan anggaran puluhan juta tersebut terlihat sudah bocor pada beberapa titik tertentu dan menyebabkan mobil anggota DPRD Batam terkena tetesan air ketika hujan tiba.

Editor: Gokli