Pemkab Lingga Siapkan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil
Oleh : Wandy
Kamis | 05-08-2021 | 14:55 WIB
A-MELLIYANTI-LINGGA.jpg
Kasi Survailens dan Imunisasi Dinkes Lingga, Mellyanti. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga tengah mempersiapkan vaksinasi bagi wanita hamil.

Sebab saat ini vaksinasi bagi ibu hamil kini sudah bisa dilakukan di berbagai daerah termasuk Kabupaten Lingga.

Kasi Survailens Dan Imunisasi Dinkes Lingga Mellyanti mengatakan, vaksinasi bagi wanita hamil tersebut berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan RI.

"Saat ini kita tengah mempersiapkan untuk tahap vaksinasi bagi wanita hamil. Sebab di daerah lain sudah dilakukan," kata Mellyanti, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskan Mellyanti saat ini tercatat ada lebih kurang 400 ibu hamil. Sehingga menjadi target sasaran vaksinasi ke depannya.

"Untuk di Lingga ada kurang lebih 400 ibu hamil yang menjadi target kita kedepannya," jelas Mellyanti.

Berhubung surat edaran resmi dari Kementerian Kesehatan baru keluar maka pihaknya akan melakukan berbagai persiapan seperti stok vaksin. "Kita tengah persiapan untuk stok vaksin," bebernya

Mellyanti menghimbau kepada ibu hamil untuk dapat terlibat secara aktif pada pelaksanaan vaksinasi. Sebeb sejauh ini tidak ada kematian yang diakibatkan oleh vaksin.

"Ibu hamil memiliki peningkatan resiko menjadi berat apabila terinfeksi dengan covid-19 dan berdampak pada kesehatan bayinya," himbaunya

Meski demikian untuk proses ibu hamil harus dibekali dengan persyaratan tertentu seperti surat rekomendasi dari dokter spesialis kandungan atau bidan.

"Yang terpenting ibu hamilnya tidak sakit, suhu tubug harus di bawah 37,5 dan tensinya juga harus normal," ujarnya.

Editor: Dardani