Pelantikan Pj Kades Sebong Agar APBDes Bisa Segera Berjalan
Oleh : Harjo
Selasa | 03-08-2021 | 12:04 WIB
pelantikan-kades-erwin11.jpg
Pelantikan Pejabat (Pj) Kepala Desa Sebong Lagoi, Erwin Syahputra. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pelantikan Pejabat (Pj) Kepala Desa Sebong Lagoi, Erwin Syahputra pada Senin (2/8/2021) lalu sebagai upaya agar APBDes Sebong Lagoi bisa segera berjalan dengan baik.

"Kita fokus, agar dana desa segera berjalan, karena jika tidak berjalan maka akan berdampak dan berpengaruh terhadap roda pemerintahan desa," ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi, Selasa (3/8/2021).

Apri Sujadi menegaskan bahwa jajarannya telah melakukan tahapan dan mekanisme yang sesuai aturan terkait masalah yang terjadi di Desa Sebong Lagoi. Bahkan menurutnya, sejak awal pihaknya telah menerima semua laporan dan masukan.

"Semua tahapan sudah dilalui, tindakan yang diambil juga sudah sesuai prosedur. Kesempatan dan pembinaan telah dilakukan. Kita juga sudah langsung turunkan jajaran untuk membantu jangan sampai muncul masalah, namun belum tuntas juga. Maka, konsekuensi secara aturan tentu harus ditegakkan," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Roni Kartika, menjelaskan bahwa pelantikan tersebut sesuai dengan SK pemberhentian an Kepala Desa Sebong Lagoi, Abu Bakar yang ditandatangani Bupati Bintan, Apri Sujadi.

"Sesuai dengan mekanisme, maka pelantikan Pj Kades Sebong Lagoi yang baru telah lakukan," terangnya.

Menurutnya, setelah dilantik, tugas Pj. Kades diminta untuk segera menyiapkan pekerjaan Kades non-aktif, antara lain ; pelaksanaan Pemerintahan Desa serta menyiapkan APBDesa hingga pelaksanaan Pilkades PAW yg rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

"Hal tersebut dilakukan demi lancarnya penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Selain itu, kita juga akan mengurus jaminan hari tua beliau pada BPJS Naker sebagai komitmen purna baktinya," ujarnya.

Editor: Yudha