Masa Pandemi, Senator Fachrul Razi Sukses Lahirkan 3 Buku
Oleh : Irawan
Minggu | 25-07-2021 | 10:34 WIB
fachrul_rzi_buku_b.jpg
Senator Fachrul Razi, Ketua Komite I DPD RI (kanan) (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak berarti menurunkan semangat menghasilkan karya serta kreatifitas, apalagi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal tersebut berhasil dibuktikan dengan melahirkan karya seperti Senator Fachrul Razi, Ketua Komite I DPD RI yang juga Senator asal Aceh tersebut Sukses Lahirkan 3 Buku.

"Alhamdulillah, Pada Hari Yang Suci Idul Adha, pada tahun 2021. Saya dapat melahirkan 3 karya buku. 1. Garis Keras (Biografi Politik, Gagasan dan Aksi), 2. Politik Desentralisasi Asimetris, 3. Demokrasi di Tengah Pandemi. Semoga Bermanfaat,"kata Fachrul Razi, Sabtu (24/7/2021).

Senator Fachrul Razi turut menjelaskan Buku Pertama, Garis Keras (Biografi Politik, Gagasan dan Aksi) Buku ini lahir dari dorongan penulis untuk melakukan rekam jejak atas perjuangan selama menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia daerah pemilihan Provinsi Aceh.

Buku Kedua, Politik Desentralisasi Asimetris ini membahas kewenangan Daerah dalam Otsus mencakup kewenangan dalam seluruh bidang pemerintah, kecuali kewenangan bidang politik luar negeri, pertahanan, keamanan, moneter, dan fiskal, agama dan peradilan serta kewenangan tertentu di bidang lain yang ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam buku ini turut membahas kebijakan Otsus bagi provinsi Aceh, Kewenangan yang lebih luas berarti pula tanggung jawab yang lebih besar bagi provinsi dan masyarakat Aceh melalui kewenangan yang dimiliki DPD RI, khususnya Komite I.

Terakhir Buku ketiga, Senator mengangkat tentang Demokrasi di Tengah Pandemi. Buku ini diterbitkan dalam rangka menjelaskan ke publik, bagaimana eksistensi DPD RI dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020. Buku ini setidaknya diharapkan memberikan penjelasan dan bermanfaat bagi semuanya khususnya pembaca buku ini.

Editor: Surya