16 Besar Euro 2020, Belanda Paling Diuntungkan Menuju ke Final
Oleh : Redaksi
Jumat | 25-06-2021 | 09:44 WIB
timnas-belanda1.jpg
Timnas Belanda punya jalur ke final Euro 2020 yang lebih mudah. (Kenzo Tribouillard/Pool via AP)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jalan timnas Belanda bisa relatif ringan dari 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) hingga ke babak final. Bahkan mungkin mereka tidak bakal bertemu lawan yang sepadan hingga perempat final.

Di babak 16 besar Belanda akan menghadapi Republik Ceko. Der Oranje, julukan timnas Belanda, punya catatan mulus dalam fase penyisihan grup.

Tim asuhan Frank de Boer itu selalu menang dalam tiga pertandingan Grup C. Kemungkinan besar Belanda tidak bakal kesulitan menghadapi Ceko di 16 besar.

Laga terdekat selain Belanda usai babak 16 besar adalah melawan pemenang dari Wales vs Denmark. Siapapun yang memenangkan pertandingan itu bakal menjadi lawan Belanda jika lolos ke perempat final.

Belanda pun di atas kertas tidak akan terlalu kerepotan saat menghadapi Wales atau Denmark.

Pada babak gugur Euro 2020, Belanda berada satu bagan dengan Swedia vs Ukraina dan Inggris vs Jerman.

Jika Inggris ingin lolos ke babak perempat final mereka harus mengalahkan Jerman. Begitu pula sebaliknya.

Sama halnya dengan Swedia. Jika ingin lolos ke perempat final maka mereka harus mengalahkan Ukraina dan sebaliknya.

Nantinya pemenang pertandingan antara Swedia vs Ukraina dan Inggris vs Jerman akan bertemu di perempat final.

Inggris bisa melaju ke babak semifinal jika menang dari Swedia atau Ukraina yang lolos ke perempat final. Begitu juga dengan Jerman.

Langkah Belanda baru terasa berat jika yang lolos ke semifinal antara Inggris atau Jerman. Sebab, kualitas permainan kedua tim itu juga diunggulkan.

Namun, bukan tidak mungkin langkah Jerman atau Inggris untuk bertemu Belanda di semifinal terjegal Swedia di perempat final. Terlebih Swedia tampil apik di fase grup dan menjadi juara Grup E.

Jika Belanda bertemu Swedia di babak semifinal, maka langkah Memphis Depay dan kawan-kawan ke final Euro 2020 akan lebih mudah.

Langkah yang cukup berat mulai babak 16 besar Euro 2020 dialami oleh Belgia, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Portugal dan Spanyol yang satu bagan.

Salah satu dari tim-tim unggulan itu masih harus bersaing di babak perempat final untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha