Kader Posyandu Berprestasi di Lingga Dapat Penghargaan
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-06-2021 | 19:04 WIB
posyandu-kader.jpg
Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar saat meresmikan Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Posyandu Anggur, Kabupaten Lingga, Kamis (24/6/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Sedikitnya tiga orang kader Posyandu di Kabupaten Lingga mendapat penghargaan atas prestasi dengan berbagai program untuk kesehatan masyarakat.

Penyerahan penghargaan ini disejalankan dengan acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Posyandu Anggur, sampena Hari Keluarga Nasional yang digagas Dinas Keluatan dan Perikanan Pemprov Kepri, Kamis (24/6/2021).

Acara ini juga dihadiri Plh Sekdaprov Kepri, Lamidi; Ketua TP PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar dan didampingi Ketua TP PKK Lingga, Maratusholiha.

Adapun penerima penghargaan itu, masing-masing Atikah, Kader Posyandu Semangka Desa Bukit Langkap, Lingga Timur. Berhasil membuat program tanaman obat keluarga, jahe merah.

Ira Susanti, Posyandu Aster, dari Singkep Pesisir dengan programnya Gerakan Makan Telor dan Rahmawati, Posyandu Anggur, Desa Panggak Laut, Kecamatan Lingga, dengan programnya gerakan cegah stunting.

Pada kesempatan itu, Dewi Kumalasari Ansar berharap, di masa pandemi Covid-19 ini, aktivitas Posyandu tetap diaktifkan, dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, wabah Covid-19 masih mengancam kehidupan masyarakat Kepri.

Dengan demikian, penguatan sistem kesehatan nasional melalui pembinaan Pokjanal Posyandu secara berjenjang dalam rangka revitalisasi Posyandu sekaligus pemberian penghargaan kepada kader berprestasi di Kabupaten Lingga, digelar hari ini, Kamis (24/6/2021).

"Tujuan dilaksanakannya acara ini, tak lain adalah untuk memberi semangat dan motivasi kepada kader Posyandu. Peningkatan pemahaman kepada masyarakat, betapa pentingnya keberadaan Posyandu untuk memantau tumbuh kembangnya anak di masa pandemi. Pemerintah berupaya untuk meng-upgrade lagi kualitas Posyandu. Memang ini tidak mudah. Tetap ingat untuk terus menerapkan protokol kesehatan," ungkap Dewi Kumalasari Ansar, seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Kader Posyandu, sambung Dewi, juga perlu mencari terobosan baru, yang nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Pemberian apresiasi ini penting, mengingat para kader posyandu sudah bekerja keras melaksanakan tugas dan perannya di masyarakat, tanpa pamrih, dan tak kenal waktu, serta tak kenal lelah," katanya.

Dewi Kumalasari Ansar menyebutkan keberadaan Posyandu di Kepri cukup banyak, ada 1.400 Posyandu dan kader sebanyak 10.500 orang.

Ketua TP PKK Kepri kembali mengingatkan, menggalakkan Posyandu juga merupakan imbauan dari Presiden Jokowi. "Pasalnya, melalui Posyandu, gizi anak dan proses tumbuh kembangnya bisa terpantau dengan baik. Dengan demikian akan tumbuh generasi yang sehat dan cerdas," pungkasnya.

Editor: Gokli