Hari Jadi Anambas Ke-13, Gubernur Sarankan Pembangunan Harus Tepat Sasaran
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 24-06-2021 | 12:38 WIB
anambas11.jpg
Hari Jadi Kabupaten Anambas ke-13 Tahun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Perayaan hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ke-13 yang sudah ditetapkan pada 24 Juni diselenggarakan melalui Rapat Paripurna Istimewa di Sekretariat DPRD Anambas. Turut hadir pada kesempatan itu, Bupati Kepulauan Anambas, Wakil Bupati, Sekda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Gubernur Kepri serta FKPD di Anambas.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menguraikan tema Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ke-13 yaitu Semangat Mewujudkan Anambas Aman dalam Pemulihan Ekonomi.

"Bersamaan dengan itu, masyarakat Anambas harus sehat dan mendukung program Pemerintah Pusat yaitu mendukung vaksinasi pada masa pandemi ini. Dan kami juga berupaya mempercepat proses vaksinasi sesuai target," kata Haris, Kamis (24/6/2021).

Haris menambahkan, Anambas mencanangkan 4 program prioritas pemda yaitu pembangunan karakter, pembangunan ekonomi masyarakat pesisir, pencanangan kampung bahari dan pencanangan desa cantik (cinta statistik).

"Program cantik yang diinisiasi oleh BPS ini harus kita dukung seluruh desa, agar masyarakat lebih memahami apa yang prioritas disebuah desa. Sehingga pembangunan bisa terarah," ucapnya.

Haris mengakui, selama 13 tahun Anambas berdiri, hanyak kemajuan melalui pembangunan infrastruktur. Namun masih ada yang belum optimal pelaksanaannya, yaitu RSUD Tarempa. "Ini menjadi PR kita bersama agar pelayanan di RSUD lebih maksimal," ucapnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahamad menyampaikan usia 13 yang dijajaki Anambas merupakan transisi dari remaja menuju dewasa. Artinya, Anambas harus lebih maju, lebih mandiri, dan pebih dewasa.

"Tujuan awal pemekaran pada dasarnya untuk mempercepat akselerasi potensi daerah. Maka dari itu, program yang dicanangkan harus tepat sasaran. Pada peringatan hari jadi ini, merupakan momen yang paling tepat untuk mengevaluasi serta Pemda juga harus bisa menerima saran dan masukan dari masyarakat, sehingga pembangunan terarah," jelasnya.

Editor: Yudha