Lahan TPU Sei Temiang Kian Terbatas, Hanya Cukup 3 Bulan ke Depan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 26-04-2021 | 12:24 WIB
lahan_tpu-sei-temiang-01.jpg
TPU Seitemiang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sei Temiang semakin terbatas. Bahkan, lahan pemakaman yang masih tersedia diprediksi hanya cukup untuk 3-4 bulan ke depan.

Zailani, Sekretaris Yayasan Khairul Umma selalu pengelola TPU Sei Temiang mengatakan, lahan untuk pemakaman umat Muslim hanya bertahan 3-4 bulan ke depan.

Sementara lahan cadangan yang dibangun di atas rawa-rawa di bagian bawah pemakaman juga sudah hampir habis terpakai.

"Kami sudah mulai kewalahan. Lahan cadangan tambahan dari pinggir jalan Ahmad Dahlan juga hanya berkapasitas terbatas. Lahan tersebut hanya mampu menampung sekitar 600 makam karena memang tidak begitu luas," terangnya.

Zailani menambahkan, saat ini pihaknya hanya bisa menunggu arahan dari Pemko dan BP Batam soal penambahan lahan. Jika masih belum ada tindakan, maka Yayasan Khairul Umma benar-benar kewalahan untuk menyediakan tempat pemakaman.

"Pemko Batam memang sudah mewacanakan lahan pengganti, namun hal itu belum terealisasi sampai saat ini," terangnya.

Sebagai pengelolah, tentunya Zailani tak bisa berbuat banyak. Sebab yayasan tidak punya wewenang untuk menentukan lokasi pemakaman yang baru.

"Harapan saya agar Pemko Batam segera memutuskan lokasi pemakaman yang baru sebagai solusi jangka panjangnya," pungkasnya.

Editor: Yudha