3 Mesin PCR Alami Kerusakan

Terima 300 Sampel per Hari, Proses Swab di BTKLPP Kelas I Batam Masih Lancar
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 19-04-2021 | 12:37 WIB
imbauan_prokes-00202054.jpg
Tetap disiplin terapkan protokol kesehatan

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam, akhir-akhir ini terus mengalami kenaikan. Jumlah sampel yang masuk di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemgendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Batam, Sagulung, dalam sepekan juga mengalami kenaikan.

Kepala BTKLPP Batam Budi Santosa mengungkapkan, dalam pekan terakhir, setidaknya ada 720 sampel yang masuk. Jumlah itu terhitung sejak Jumat-Minggu (16-18/04/2021) lalu.

"Tanggal 16 April itu ada 302 sampel, 17 April turun menjadi 179 sampel dan Minggu 18 April kemarin ada 239 sampel yang masuk," ungkap Budi. Selasa (19/04/2021).

Menurutnya, jumlah sampel yang masuk dalam sepekan terakhir ini masih fluktuatif, artinya belum ada peningkatan atau penurunan yang drastis menuju jumlah sampel tertinggi atau terendah.

"Masih fluktuatif, belum ada peningkatan atau ataupun penurunan yang berarti. Rata-rata di bawah 300 sampel per hari," ujarnya.

Dibandingkan dengan pekan sebelumnya, Budi menyebut justru ada penurunan, karena pekan sebelumnya sampel yang masuk justru ada yang sampai di atas 300 sampel.

"Dari jumlah tertinggi (sampel yang pernah masuk) juga justru menurun pekan ini. Artinya, sekarang masih fluktuatif. Kadang naik kadang turun tapi tak signifikan," katanya.

Budi juga tetap menekankan perlunya kewaspadaan masyarakat, dan tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan.

Untuk proses pemeriksaan laboratorium sendiri, sambung Budi, sejauh ini berjalan cukup lancar. Sampel yang masuk masih di bawah 500 sampel per hari, dan masih bisa ditangani dua mesin PCR yang masih aktif.

"Kendala serius tak ada. Karena sampel-sampel yang masuk ini masih bisa kita handel semua. Kita punya lima mesin PCR dan yang aktif cuman dua. Tiganya rusak, lagi dalam perbaikan. Tapi tidak masalah karena dua alat ini bisa mengecek 200 sampai 350 sampel dalam sehari. Yang rusak tetap kita upayakan segera berfungsi," pungkasnya.

Editor: Yudha