ACT Kepri Luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 09-04-2021 | 18:05 WIB
pangan-ramadhan.jpg
Peluncuran sedekah pangan Ramadhan oleh ACT Kepri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terhitung dalam beberapa hari, Ramadhan akan datang. Ramadhan, kali ini merupakan yang kedua dalam kondisi pandemi bagi penduduk dunia, termasuk Indonesia.

Keriuhan jelas akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Keramaian khas bulan puasa pun akan terbatas, sedangkan kenaikan harga yang seakan sudah menjadi tradisi tak bisa dibendung.

Belakangan, kabar kenaikan harga pokok di sejumlah daerah kian terdengar. Hal ini begitu mengkhawatirkan, karena kondisi ekonomi masyarakat yang masih lemah. Belum lagi isu impor beras di tengah panen raya di beberapa wilayah.

Akan tetapi, berbagai kesulitan serta keterbatasan ini dapat dilewati dengan berbagai macam kebaikan tanpa batasan. Begitu juga yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) gaungkan untuk menyambut bulan suci, ialah Ramadhan 2.0 Aksi Tanpa Batas.

Lewat berbagai gerakan yang diinisiasi, diharapkan mampu menyelesaikan persoalan di tengah kehidupan masyarakat.

"Tahun ini merupakan Ramadhan kedua melewatinya dalam kondisi pandemi. Untuk itu, kami menggaungkan 'Ramadhan 2.0: Aksi Tanpa Batas. Umat muslim memiliki pilihan tanpa batas untuk bisa saling berbagi, saling membantu, secara bersama sama, sesuai kemampuan, sesuai dengan apa yang dimiliki dalam bentuk empati (kemanusiaan)," imbuh Agus selaku Kepala Cabang ACT Kepri-Batam. Jumat (09/04/2021).

Dalam tema Ramadhan 2.0: Aksi Tanpa Batas, salah satu fokus yang ACT lakukan ialah pemenuhan pangan selama Ramadan lewat Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan. Gerakan ini mengajak masyarakat terlibat dalam meluaskan program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan bangsa.

"Allah selalu menyeru besarnya pahala memberi pangan ke orang lain. Dan, ACT menghadirkan gerakan ini dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah khususnya selama Ramadan ini," ujar Agus.

Tak hanya Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan, di momen detik-detik menjelang ibadah puasa ini, ACT juga mengajak masyarakat ambil bagian dalam Gerakan Sedekah Harian Ramadhan. Dengan sedekah minimal Rp10 ribu dan mengajak orang lain yang dimulai dari orang terdekat, bakal menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat prasejahtera di berbagai penjuru negeri selama Ramadhan.

Apalagi, di waktu menjelang Ramadan ini banyak saudara sebangsa tengah diuji dengan bencana alam serta ekonomi yang prasejahtera, khususnya mereka di tepian negeri.

"Secara nasional ini sangat positif ya, maka dari itu saya sebagai Pembina Yayasan Jabal Arafah mendukung kegiatan ini dan mudah-mudahan bermanfaat buat masyarakat banyak. InsyaAllah ini adalah pekerjaan yang mulia. Maka, ini akan menjadi mode, contoh kawan-kawan yang punya kelebihan. Sukses kawan-kawan dari ACT mudah-mudahan nanti menjadi mode terus menerus," ujar Dr H Asman Abnur, selaku Pembina Yayasan Masjid Jabal Arafah.

Editor: Gokli