Pemuda Adonara Batam Galang Dana untuk Korban Banjir Bandang di Flores Timur
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 07-04-2021 | 18:21 WIB
galang-dana-adonara.jpg
Pemuda Adonara Batam saat galang dana untuk korban banjir bandang di Flores Timur, Rabu (7/4/2021). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komuntitas pemuda asal Provinsi NTT di Batam sejak beberapa hari lalu mulai turun ke jalan menggalang dana untuk korban bencana alam banjir bandang di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Salah satu komunitas yang melakukan aksi penggalangan dana adalah para pemuda dan pemudi Adonara yang tergabung dalam Paguyuban Ikatan Keluarga Adonara (IKA) di Kota Batam.

Berbekal spanduk bertuliskan 'Aksi Peduli Korban Bencana Alam Adonara, Flores Timur, NTT' dan foto-foto kondisi lapangan akibat banjir bandang, tampak belasan pemuda-pemudi Adonara menyodorkan kotak donasi kepada para pengendara motor dan mobil yang tengah menunggu lampu lalu lintas menghijau.

Menurut Koordinator IKA wilayah Sagulung dan Batuaji, Willy Tokan, sebelum turun ke jalan, aksi penggalangan dana ini dilakukan secara door to door (dari rumah ke rumah) khusus untuk masyarakat yang berdomisili di wilayah Sagulung dan Batuaji.

"Aksi penggalangan dana ini kami lakukan sejak kemarin (Rabu) secara door to door. Kemudian hari ini kami turun kejalan untuk melanjutkan aksi penggalangan dana," kata Willy saat ditemui di lokasi aksi penggalangan donasi, Rabu (7/4/2021) siang.

Masih kata Willy, aksi penggalangan dana ini merupakan salah satu bentuk kepedulian warga Adonara di Kota Batam untuk meringankan derita para korban akibat banjir bandang.

"Semua dana yang terkumpul, nantinya akan disalurkan kepada para korban banjir bandang di Pulau Adonara. Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban hidup para korban," ujarnya.

Terpisah, Ketua IKA Batam, Aldy Karim mengatakan dalam waktu dekat uang hasil penggalangan dana akan disalurkan ke Adonara untuk membantu para korban di tempat pengungsian.

"Dalam waktu dekat kami akan menyalurkan semua hasil penggalangan dana ke para korban di Adonara. Saat ini belum disalurkan karena masih banyak anggota yang sedang melakukan aksi penggalangan dana," terang Aldy.

Aksi sosial ini, kata Aldi, merupakan salah satu wujud solidaritas terhadap para korban yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dari semua pihak.

Masih kata Aldy, aksi ini murni panggilan kemanusiaan dan dilakukan secara spontan berasal dari uang pribadi masing-masing anggota IKA dan beberapa donatur lainnya. Kegiatan penggalangan dana ini akan terus digelar untuk meringankan beban para korban.

"Aksi penggalangan dana, dilakukan secara spontan oleh anggota IKA. Mereka secara sukarela menyisihkan sedikit rezekinya untuk disalurkan kepada para korban yang sementara ini berada di lokasi pengungsian," tegasnya.

Selain melakukan penggalangan dana, sambungnya, seluruh warga Adonara di Batam juga mendoakan para pengungsi yang sedang dilanda bencana agar tabah menghadapi musibah tersebut.

"Kita mendoakan juga supaya musibah tersebut segera berlalu," pungkasnya.

Editor: Gokli