HKI Berharap Pemenang Lelang SPAM Batam Harus Terbukti Profesional
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-04-2021 | 18:04 WIB
air-bersih-ils.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketersediaan air bersih menjadi komponen yang sensitif bagi kawasan industri yang ada di Batam. Bahkan, air dengan kualitas terbaik menjadi penunjang produksi sejumlah industri yang saat ini beroperasi di Batam.

Karena kebutuhan yang krusial terhadap air bersih tersebut, maka Himpunan Kawasan Industri (HKI) meminta BP Batam benar-benar selektif dalam memilih operator Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam 25 tahun ke depan. Operator SPAM Batam harus terbukti profesional.

"Kami tidak mau mencampuri urusan pemerintah dalam menentukan operator SPAM Batam. Tetapi, kami minta agar pemenangnya nanti harus benar-benar profesional," kata Wakil Ketua Koordinator Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, Tjaw Hioeng, Rabu (7/4/2021).

Tjaw mengatakan, air bersih dengan standar mutu yang tinggi menjadi dambaan perusahaan-perusahaan industri di Batam. Selain sebagai kebutuhan hidup, air juga berperan besar dalam proses produksi.

Ada sejumlah perusahaan industri yang menggunakan air bersih sebagai komponen utama. Misalnya perusahaan yang membuat lensa kontak. Perusahaan ini butuh air berkualitas paling bagus, untuk proses mensterilkan lensa kontak. "Jadi air yang dibutuhkan harus di atas standar nasional," kata dia.

Kebutuhan air bersih industri harus menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan pemerintah. Karena industri manufaktur di Batam masih menjadi salah satu pilar penopang pertumbuhan perekonomian Kepri, dengan kontribusi mencapai 60 persen.

Berdasarkan data dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, ada 26 kawasan industri di Batam. Sebagian besar di antaranya bergabung dengan HKI Kepri.

Sebagai kota industri, Batam memiliki sekitar 1.309 industri unggul, baik dari penanaman modal asing (PMA), maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN), dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 169 ribu pekerja dari hasil produksi migas dan non-migas.

Sejauh ini, menurut Tjaw, kualitas air yang disajikan selama industri berkibar di Batam sejak era 1990-an juga sudah sangat bagus. "Bagi kami nanti, komunikasi harus tetap dijaga. Agar tiap ada keluhan segera bisa ditangani secepatnya," ungkapnya.

Editor: Gokli