BKAG Batam Tingkatkan Keamanan Gereja Jelang Perayaan Jumat Agung dan Paskah
Oleh : Putra Gema
Senin | 29-03-2021 | 17:52 WIB
surya-aris.jpg
Ketua BKAG Batam, Pdt Dr Surya Wijaya bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, beberapa waktu lalu. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selepas tragedi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, gereja-gereja di Kota Batam mulai menyusun langkah-langkah keamanan saat perayaan Paskah, terutama pada momen Jumat Agung.

Ketua Umum Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Batam, Pendeta Dr Surya Wijaya mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk memberikan tambahan keamanan.

Lanjut Surya, pihaknya sangat prihatin dan mengutuk keras atas tindakan intoleransi yang terjadi di Makassar. Menurutnya hal tersebut dapat menjadi teror bagi umat Kristiani yang akan menjalani perayaan Paskah dan Jumat Agung.

"Kami (BKAG Batam) sudah berkoordinasi dengan pihak pengamanan dari Kepolisian dan keamanan gereja agar pengamanan ibadah Jumat Agung dan Paskah dapat ditingkatkan, agar tetap berjalan lancar," kata Surya, Senin (29/3/2021).

Diungkapkannya, hingga saat ini, atas kejadian tersebut pihaknya terus berkordinasi dengan seluruh jemaat di 470 gereja se-Kota Batam agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang berujung intoleransi beragama.

"Kami juga mengimbau kepada setiap jemaat agar tidak terpancing atas tindakan intoleransi yang terjadi di Makassar dan terus ciptakan situasi yang kondusif di Kota Batam," tegasnya.

Diharapkannya, pihak Kepolisian dapat secepat mungkin mengusut tuntas kasus tersebut agar tidak kembali terjadi di kota lainnya di Indonesia.

Editor: Gokli