Puluhan Hotel di Batam Tutup Akibat Pandemi, Kadisnaker Yakin Hanya Sementara
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 24-03-2021 | 11:48 WIB
kadisnaker111.jpg
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dunia perhotelan di Kota Batam, menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Hotel kelas melati hingga berbintang, banyak yang terpaksa tutup karena tak ada tamu. Hal itu menyebabkan banyak karyawan yang dirumahkan hingga di-PHK.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti meyakini jika penutupan itu hanya bersifat sementara.

"Ini sifatnya bisa disebut sementara. Ada yang juga pergantian manajemen dan pemberhentikan karyawan. Tapi akhir-akhir ini ada juga hotel yang sudah membuka lowonga kerja," kata Rudi.

Rudi menjelaskan, sebagian besar hotel yang tutup sementara tidak ada masalah dalam pemutusan hubungan kerja (PHK) dan sudah dipenuhi oleh manajemen. Meski ada juga hotel yang belum selesai.

"Untuk yang Hotel Evitel tidak ada lagi masalah, tapi untuk yang Hotel Nagoya Plaza masih belum selesai," kata dia.

Rudi yakin dalam beberapa bulan ke depan ekonomi di Kota Batam akan mulai stabil, karena saat ini sudah banyak pula yang buka lowongan kerja.

"Inilah yang membuktikan bahwa krisis pandemi Covid-19 ini akan cepat berlalu, dan yakinlah bahwa ekonomi Batam akan cepat stabil seperti sedia kala," ujarnya.

Editor: Yudha