BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi Capai 2,5 Meter di Perairan Kepri
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 24-03-2021 | 11:16 WIB
BMKG11.jpg
Perkiraan Cuaca di Wilayah Provinsi Kepri, Rabu (23/3/2021). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan kondisi hujan dengan itensitas ringan di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hingga esok hari masih terus terjadi.

"Secara umum, kondisi cuaca esok hari di sebagian wilayah Kepri masih dilanda hujan dengan itensitas ringan," kata Riza Juniarti, Forecaster BMKG Hang Nadim Batam melalui keterangan tertulis, Rabu (24/3/2021).

Riza menuturkan, kondisi cuaca ini di akibatkan adanya sirkulasi siklonik di Laut Natuna sehingga mendukung pembentukan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau pada umumnya.

Selain hujan dengan itensitas ringan yang masih terus melanda, potensi gelombang tinggi juga masih terjadi di sejumlah perairan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dengan kondisi cuaca seperti itu, kata dia, masyarakat dihimbau agar terus waspada terhadap potensi gelombang tinggi, khususnya di wilayah Perairan Bintan, Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas yang mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter.

"Bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut agar tetap waspada terhadap potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian hingga 2,5 meter," tegasnya.

Ia menjelaskan, dengan kondisi cuaca seperti ini rawan terjadinya bencana alam akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Ia pun menghimbau kepada pihak pengelola tranpsportasi laut agar selalu menyediakan alat bantu atau life jacket untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bagi pengelola dan masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi khususnya di wilayah Perairan Bintan, Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas," pungkasnya.

Editor: Yudha