Garap Kendaraan Listrik di RI, Toyota Bakal Gelontorkan Rp 28 Triliun
Oleh : Redaksi
Senin | 28-12-2020 | 12:04 WIB
motor-listrik-toyota1.jpg
Toyota Ultra Compact BEV (Toyota Global)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan produsen otomotif asal Jepang, Toyota Group bakal mengembangkan pabrik kendaraan listrik di Indonesia. Mereka akan menggelontorkan dana Rp 28,3 triliun.

"Mereka akan mulai melakukan investasi sampai 3 tahun ke depan sebesar Rp 28 triliun," kata Agus dalam konferensi pers akhir tahun 2020 secara virtual, Senin (28/12/2020).

Mereka, dijelaskannya akan membangun atau mengembangkan produk-produk kendaraan hybrid, plugin hybrid, dan juga full electric vehicle di Indonesia. Rencananya Toyota akan mulai produksi kendaraan listrik pada tahun 2023.

Agus menjelaskan dirinya sudah bertemu dengan pihak Toyota di Jepang mengenai komitmen mereka membangun industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Perlu kami sampaikan bahwa beberapa saat yang lalu saya sendiri juga sudah melakukan pertemuan-pertemuan dengan pihak Toyota dari Jepang, di mana pihak Toyota juga sudah memberikan komitmen kepada saya, kepada Kementerian Perindustrian," paparnya.

Dirinya sudah melihat dan mendengar secara langsung mengenai produk apa saja yang akan diproduksi Toyota melalui investasi puluhan triliun rupiah itu. Menurutnya hal itu amat menjanjikan dalam rangka pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Jadi suatu hal yang sangat promising untuk pengembangan kendaraan berbasis listrik," tambah Agus.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha