TPS Kavling Baru Makin Parah, Sampah Tak Tertampung Lagi
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 11-12-2020 | 11:48 WIB
tps-kavling-baru1.jpg
Tumpukan sampah di TPS Kavling Baru. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Permasalahan sampah tidak ada habis-habisnya. Tumpukan sampah selalu terlihat di beberapa tempat pembuangan sementara (TPS) di Kota Batam. Kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) disorot oleh warga.

Salah satu contoh pemandangan tidak enak dilihat di sepanjang Kabling Baru, Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung kerap terlihat tumbuk-tumbukan sampah yang menjulan ke bandan jalan.

Hal itu, dikarenakan lambatnya Dinas DLH mengangkut sampah dari TPS menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur, Nongsa. Hal itu membuat petugas pengangkutan sampah dari pemukiman warga ke TPS terkendala.

"Sampah jadi menumpuk di TPS karena bin kontainer belum diangkut ke TPA. Kita bisa lihat sendiri tumpukan-tumpukan sampah TPS Kavling Baru," kata seorang supir sampah di lokasi, Jumat (11/12/2020).

Dengan penuhnya Bin Kontainer atau bak sampah, membuah para petugas sampah ini terpaksa harus menunggu.

"Kita mau tumpahkan kemana? Bin kontainer nya semua penuh. Tidak mungkin kita tumpahkan ke jalan," ujarnya.

Dia mengaku dengan adanya permasalahan ini, membuat masyarakat di beberapa perumahan di Kelurahan Langkai dan Tembesi mengeluh.

"Dari pagi jam 06.00 WIB, kita bergerak baru satu kali pengangkutan. Biasanya sampai siang hari kita sudah bisa mengangkut 4 kali pengangkutan," ungkapnya.

Editor: Yudha