Penyebab Mesin Mobil Berat saat AC Nyala dan Cara Mengatasinya
Oleh : Redaksi
Rabu | 25-11-2020 | 12:04 WIB
ac-mobil12.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penasaran kenapa mesin mobil tiba-tiba berat ketika AC dihidupkan? AC dan mesin sebenarnya punya keterkaitan yang menyebabkan hal ini terjadi.

Beberapa orang mengakalinya dengan mematikan AC mobil agar performa mesin kembali normal. Padahal ada penyebab yang lebih spesifik dan dapat ditangani agar mesin tetap kuat saat AC menyala. Berikut penjelasan dari Auto2000 soal masalah ini.

1. Setelan RPM Salah
Pengaturan Revolutions per Minute (RPM) punya pengaruh dan kinerja mesin baik mobil injeksi maupun karburator. Mobil yang menggunakan sistem injeksi, RPM biasanya disetel otomatis oleh ECU (electronic control unit). Namun, pada mobil sistem karburator, penyetelan dilakukan manual. Umumnya, RPM saat mobil dalam kondisi diam dan AC mati adalah 800 rpm. Sedangkan jika AC dihidupkan, maka akan meningkat menjadi 900-1000 rpm. Jika RPM ini adalah masalah yang menyebabkan meisn berat saat AC menyala mintalah pada teknisi bengkel kepercayaan anda.

2. Kompresor Kebesaran
Kompresor yang terlalu besar ternyata dapat juga menyebabkan kinerja mesin mobil menurun, terutama saat AC dihidupkan. Kompresor bawaan biasanya tak menghadirkan masalah ini, Hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan upgrade kompresor.

Bisa jadi kompresor baru anda yang lebih besar memiliki spesifikasi yang kurang cocok dengan mesin mobil. Jika tetap dipaksakan, maka tarikan mesin pun akan terasa berat saat AC dihidupkan. Agar Anda terhindar dari masalah semacam ini, hindari melakukan upgrade kompresor dengan komponen yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dan melebihi standar pabrikan mobil.

3. Sirkulasi Udara Terhambat
Sirkulasi udara yang kotor mulai dari komponen, saluran AC, kondensor, dan evaporator juga menjadi penyebab masalah beratnya mesin. Kinerja AC jelas sekali akan terganggu karena saluran yang kotor ini.

Akibatnya AC jadi bekerja lebih berat untuk menghasilkan udara dingin sesuai perintah. Solusinya agar mesin tidak berat karena masalah ini pastilah membersihkan AC mobil Anda.

4. Filter Kotor
Filter udara mobil kalau kotor akan membuat aliran udara menuju ruang pembakaran terhambat. Cara mengatasinya tidak sulit, cukup bersihkan filter udara dari kotoran yang menghambat aliran udara. Jika dirasa terlalu kotor, gantilah dengan filter udara baru yang sesuai.

5. Penggantian Oli Tidak Teratur
Oli memang hampir tak dapat dipisahkan dari kinerja mesin. Tidak mengganti oli secara berkala ternyata juga bisa membuat mesin mobil berat saat AC hidup. Jenis oli mobil yang sudah terlalu lama digunakan akan membuat komponen mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Oleh karenanya, gantilah oli mobil Anda secara berkala dan tentunya menggunakan oli yang sesuai.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha