Sempat Dirujuk ke RSKI Galang, Satu Pasien Covid-19 Anambas Meninggal Dunia
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 24-11-2020 | 18:36 WIB
1-meninggal-covid-anambas.jpg
Gugus Tugas Covid-19 Anambas saat mengumumkan seorang pasien positif meninggal dunia setelah dirujuk ke RSKI Galang, Selasa (24/11/2020). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien 27 dengan inisial BJ (68) dikabarkan meninggal dunia di RSKI Galang, Batam.

Pasien tersebut sebelumnya dirujuk Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas menggunakan kapal cepat, Senin (23/11/2020).

Ketua Pelaksana Harian Satgas Percepatan dan Penanganan Covdi-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar membenarkan kabar tersebut. Pasien 27 Covid-19 itu meninggal dunia, Selasa (24/11/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Pasien 27 ini mengalami gejala demam dan sesak nafas, sehingga kita sepakati untuk dirujuk ke RSKI Galang, Batam untuk mendapat perawatan lebih serius. Namun takdir berkata lain. Kami atas nama Pemerintah Daerah dan Satgas Covid-19 turut berduka atas kejadian ini," kata Sahtiar, Selasa (24/11/2020).

Sahtiar menambahkan, sesuai protokol penanganan Covid-19, alm BJ dikebumikan di Batam dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Satgas Batam dan menyampaikan kepada keluarga.

"Intinya kita memberikan dukungan kepada keluarga, agar tabah dan kuat menjalani cobaan ini. Sesuai protokol kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, maka jenazah BJ tidak bisa dibawa kembali ke Anambas," ucapnya.

Sahtiar tetap mengimbau kepada masyarakat agar lebih tertib dan lebih disiplin terhadap protokol kesehatan. "Kita harus bekerjasama untuk memutus mata rantai covid ini. Tolong masyarakat jangan sepele, ayo lebih disiplin lagi terhadap protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," tegasnya.

Editor: Gokli