Hingga September, RSUD Embung Fatimah Rawat 82 Pasien DBD
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 30-09-2020 | 14:38 WIB
RSUD_embung_fatimah1.jpg
Rumah Sakit Embung Fatimah Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepanjang 2020 Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) sudah merawat 82 pasien penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Data tersebut sejak bulan Januari hingga sampai akhir September. Dengan rincian bulan Januari ada 8 pasien, bulan Februari 6 pasien, Maret 1 pasien, April sama Mei ada 4 pasien, bulan Juni ada 9 orang, dan di bulan Juli naik menjadi 26 pasien.

Akan tetapi di bulan Agustus menurun 1 angka menjadi 25 pasien hingga di bulan September juga menurun drastis jadi 3 pasien yang dirawat pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam.

"Jumlah data DBD yang kami tangani tak ada yang meninggal, melainkan sehat-sehat semuanya," ujarnya Novita, Humas RSUDEF saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (30/09/2020) siang.

Novita juga megatakan, kasus DBD di Batam belum terlalu meningkat. Akan tetapi perlu diwaspadai apalagi saat musim hujan.

Kemudian, penyakit DBD juga tidak boleh dianggap remeh. Jika tidak tertangani, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini bisa menyebabkan kematian bagi pasiennya. "Alhamdulillah, bisa ditangani semua pasiennya," kata Novi lagi.

Guna mengatasi hal tersebut, pihak Kecamatan Sagulung melalui Kelurahan Tembesi mengajak masyarakat tetap mewaspadai penyakit DBD tersebut.

"Ayo sama-sama kita waspadai penyakit DBD ini. Kemudian ayo kita bersihkan lingkungan kita masing-masing sebagai salah satu pencegahan DBD ini," ajaknya Lurah Tembesi, Arfie.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat dalam mengantisipasi dengan gerakan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur tempat penampungan air). "Mari tetap waspada DBD, disamping waspada Covid-19," tegasnya.

Editor: Dardani