Menteri Pertanian Apresiasi Gerai Tani Kota Tanjungpinang
Oleh : Asyri
Minggu | 27-09-2020 | 16:04 WIB
mentan_tanjugpinang.jpg
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Tanjungpinang (Foto: Asyri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hujan bukan menjadi penghalang, malah membawa berkah untuk para petani Kota Tanjungpinang untuk tetap menjual hasil pertaniannya kepada masyarakat. Yang lebih istimewanya, para petani ini dikunjungi langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (26/9/2020).

Kunjungan Menteri Pertanian ini disambut gembira oleh para petani. Hadir dalam kunjungan silaturahmi Menteri Pertanian yakni Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, Drs. H. Ahadi.

Dalam sekapur sirihnya, Rahma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pertanian yang telah mengunjungi Kota Tanjungpinang dan bersilaturahmi bersama para petani Kota Tanjungpinang. Ia mengatakan meskipun ruang lingkup Kota Tanjungpinang cukup kompleks dan padat, tidak membuat para petani tidak gigih berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dari segi pertanian.

"Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang saya mengucapkan terima kasih atas kesudian Bapak Menteri Pertanian untuk mengunjungi Kota Tanjungpinang dan bersilaturahmi bersama para petani, semoga kunjungan ini dapat memberikan semangat bagi petani kami dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat," ungkapnya.

Rahma juga mengatakan beberapa hambatan yang dihadapi para petani salah satunya pupuk subsidi yang terbatas.

"Kendala kami disini adalah ketersediaan pupuk subsidi yang terbatas dan sulit didapatkan oleh petani kami, semoga kedatangan Bapak Menteri Pertanian dapat memberi semangat para petani untuk memenuhi pupuk subsidi ini," pungkas Rahma.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI menyampaikan apresiasi kepada Pemko Tanjungpinang yang telah memberikan wadah untuk para petani menjualkan hasil tani secara bersama-sama. Ia berharap dengan adanya gerai tani ini mampu memberikan spirit baru bagi para petani untuk langsung memasarkan hasil taninya kepada masyarakat.

"Gerai Tani Kota Tanjungpinang ini sangat luar biasa dan ini menjadi spirit baru bagi para petani dalam memasarkan hasil taninya langsung tanpa melalui perantara, mengenai pupuk subsidi akan saya tindak lanjuti agar para petani ini memiliki hasil tani yang benar-benar berkualitas dan layak dijual dalam maupun luar negeri," ucapnya.

Lanjut Mentan Syahrul, ia juga siap memberikan stimulus untuk para petani untuk mempersiapkan pasar tani ini lebih baik lagi dalam bercocok tanam. Ia juga menitip pesan kepada Walikota Tanjungpinang agar lebih memperhatikan petani supaya hasil taninya lebih berkualitas dan memiliki daya jual.

Karena ia melihat hasil tani dari para petani ini sangat luar biasa. "Saya siap membantu petani di Kota Tanjungpinang, saya juga titip kepada Ibu Walikota agar lebih memperhatikan petani di Tanjungpinang, saya lihat hasil tani disini luar biasa dan layak jual," tutup Menteri Pertanian.

Dalam silaturahmi tersebut, Menteri Pertanian dan Walikota Tanjungpinang melakukan peninjauan hasil tani serta berdialog bersama para petani. Diakhir acara silaturahmi, Menteri Pertanian melakukan penandatanganan prasasti atas kunjungannya di Gerai Pangan Kota Tanjungpinang.

Editor: Surya