Cegah Penyebaran Covid-19, Mobil Damkar Semprot Disinfektan di Perumahan Warga
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 26-09-2020 | 12:20 WIB
damkar-disinfektan1.jpg
Penyemprotan disinfektan di Perumahan Suka Maju Kecamatan Sagulung. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam menyemprotkan cairan disinfektan di komplek Perumahan Suka Maju, Kecamatan Sagulung menggunakan mobil pemadam kebakaran, Jumat (25/9/2020) siang.

Penyemprotan ini dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 dengan menggunakan armada pemadam kendaraan Pemko Batam.

Ando, petugas pos pemadam kebakaran Tembesi, Kecamatan Sagulung mengatakan, penyemprotan ini secara gratis. Tempat yang disemprot sesuai dengan usulan RT/RW kepada kelurahan masing-masing.

"Hari ini ada lima target perumahan yakni Permata Rabayu, Villa Mukukuning, Suka Maju, Sakinah dan Cipta Asri tahap dua," ucapnya saat penyemprotan disinfektan.

Ando juga menegaskan, saat penyemprotan, terkadang pihaknya terkendala karena jalan sempit. Bahkan banyak kendaraan yang parkir sembarangan hingga menghambat jalan. Hal ini perlu di perhatikan oleh perangkat RT sebelum mengusulkan penyemprotan.

"Jalan sempit menjadi kendala kami. Selain itu faktor cuaca, pada saat hujan kami tidak bisa lakukan penyemprotan," ucapnya.

Antusias warga untuk dilakukan penyemprotan di disinfektan cukup tinggi, umumnya di wilayah Sagulung dan Batuaji. Bahkan saat ini, masih banyak antrian yang akan dilakukan penyemprotan.

"Bagi yang belum sempat disemprot, kita harap bersabar. Sebab jadwal kami cukup padat, bahkan satu perumahan bisa membutuhkan 8 ton cairan disinfektan, tergantung luas perumahannya," tutupnya.

Sementara, Dedi, Ketua RT 04/ RW 08 Perumahan Suka Maju, Kecamatan Sagulung berterimakasih atas partisipasi pemyemprotan disinfektan ini. Ia berharap agar penyemprotan ini bisa memutus penyebaran mata rantai covid-19.

"Kita mengusulkan penyemprotan untuk mencegah merebaknya covid-19, apalagi angka terkonfirmasi positif terus bertambah," terangnya.

Kepada warga, Dedi mengimbau agar selalu mematuhi proyokol kesehatan. Warga di imbau agar menggunakan masker saat keluar rumah maupun sedang berada di pekarangan rumah.

"Mari kita sama sama mentaati protokol kesehatan demi kebaikan kita bersama," tutupnya.

Editor: Yudha