Baru 1 Bulan Keluar Penjara, Resedivis Kasus Sabu Ini Kembali Diamankan Tim F1QR Lanal Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 09-07-2020 | 15:04 WIB
sabu-lanal.jpg
Residivis kasus sabu tangkapan Tim F1QR. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim F1QR (Fleet One Quick Response) Lanal Batam kembali berhasil gagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (P) Indarto Budiarto, ketika ditemui di Mako Lanal Batam mengatakan, pengamanan ini adalah tindak lanjut informasi yang didapatkan tim di lapangan.

Mendapati informasi tersebut, tim F1QR Lanal Batam pada, Rabu (8/7/2020), langsung melakukan penyisiran ke pulau Colek dan berhasil mengamankan satu orang berinisial B yang membawa bungkusan narkotika jenis sabu seberat 0,5 kilogram.

"Saat itu tim melihat dua orang, namun yang satu melarikan diri ke dalam bakau dan tim berhasil mengamankan satu orang berinisial B yang membawa bungkusan pelastik berisi narkotika jenis sabu," kata Indarto, Kamis (9/7/2020).

Lanjut Komandan Bintang 1 ini, berdasarkan hasil pemeriksaan barang haram tersebut berasal dari Malaysia dan akan di selundupkan ke Indonesia melalui pulau Colek.

Berdasarkan keterangan dari tersangka yang berhasil diamankan, pihaknya diupah sebesar Rp 10 juta. Selanjutnya barang bukti sabu tersebut diserahkan ke BNNP Kepri.

Tidak hanya itu, tersangka yang berhasil diamankan ini merupakan residivis kasus narkotika jenis sabu. B baru saja keluar dari Lapas Tanjungpinang satu bulan lalu setelah mendekam selama 8,2 tahun.

"Untuk satu orang yang kabur saat ini statusnya DPO dan kami terus melakukan pengembangan untuk mengamankan bos dari aksi penyelundupan ini," tegasnya.

Lanjut Indarto, tindakan pengamanan ini adalah upaya pencegahan penyelundupan di wilayah-wilayah rawan penyelundupan di Kepulauan Riau.

"Ini adalah arahan dari Kasal (Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI, Yudo Margono, Red) untuk terus melakukan pencegahan-pencegahan penyelundupan di wilayah rawan Kepulauan Riau," tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danguskamla, Laksamana pertama Yayan Sofian, Palaksa Lanal Batam, Perwakilan BNN Provinsi Kepri, Perwakilan BNN Kota Batam.

Editor: Chandra