Turun di Batam Minggu Lalu

39 Penumpang KM Kelud Berhasil Di-tracing, Hasil Rapid Test Non Reaktif
Oleh : CR-3
Minggu | 19-04-2020 | 12:06 WIB
didi_kusmajadi_batam11.jpg
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi. (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 39 orang penumpang KM Kelud dari Jakarta, yang turun di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, Minggu (12/4/2020) lalu, ditracing untuk mengikuti rapid test karena dikhawatirkan terpapar Covid-19.

Dari rapid tes yang dilakukan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap ke-39 penumpang tersebut hasilnya non reaktif.

"Sebanyak 39 orang penumpang KM Kelud yang turun di Batam sudah ditracing untuk mengikuti rapid test, dan hasilnya non reaktif," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (19/4/2020).

Didi menambahkan, berdasarkan penelusuran, dari ke-39 orang penumpang yang turun di Batam, 26 orang merupakan warga Batam, sedangkan 13 orang lainnya berasal dari luar Batam, seperti Bintan dan Tanjungpinang.

"Setelah mengikuti rapid test dan diketahui hasilnya non reaktif Covid-19, semua penumpang tersebut langsung dipulangkan ke rumahnya masing-masing oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam," ujaranya.

Setelah dipulangkan, lanjutnya, pihak KKP juga menghimbau agar para penumpang melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing, agar dapat memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Batam.

Terkait kaburnya seorang penumpang KM Kelud saat tiba di Batam, Didi pun membenarkannya. Namun, setelah ditelusuri, yang bersangkutan sudah ditemukan di kediamannya dan telah mengikuti rapid test dengan hasil non reaktif.

"Memang benar, saat tiba di Batam, penumpang tersebut langsung kabur. Tapi setelah ditelusuri, petugas mendapatkanya sedang berada di rumahnya. Ia pun mau mengikuti rapid test dan hasilnya non reaktif," terang Didi.

Dalam waktu dekat, sambungnya, tim Satgas akan melakukan rapid test kedua bagi ke-39 orang tersebut untuk memastikan bahwa mereka benar-benar negatif dari virus corona atau Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 38 orang penumpang KM Kelud yang baru tiba di Batam dikhawatirkan terpapar virus corona atau Covid-19 dari Jakarta, setelah 14 orang ABK-nya diidentifikasi positif tertular Covid-19.

Editor: Surya