Untuk Alalisa Sampel Swab Covid-19

Isdianto Ingin Laboratorium PCR di BTKLPP Batam Segera Berfungsi
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-04-2020 | 16:20 WIB
beli-alat-pendukung.jpg
Plt Gubernur Kepri, H Isdianto saat meninju PCR di BTKLPP Batam untuk pemeriksaan Covid-19, Senin (6/4/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri mengatakan pihaknya akan segera mempersiapkan laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang bakal menganalisis sampel swab Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Provinsi Kepri, H Isdinto di Tanjungpinang, Selasa (6/4/2020). "Saat ini kita sedang mempersiapkan alat pendukung untuk pengoperasian dua unit alat PCR yang diterima Provinsi Kepri dari Singapura," ungkap Isdianto, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Isdianto mengatakan, dengan bantuan dua unit PCR yang diterima Pemprov Kepri tersebut dapat digunakan jika alat pendukung pengoperasian PCR sudah ada. Untuk itu lanjut Isdianto, pihaknya sedang mempersiapkan membeli alat pendukung tersebut.

"Kita akan pesan sebanyak 1.000 unit bahan pendukung untuk mendapatkan hasil tes yang semakin akurat," tegas Isdianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudayana mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Kepri mendapatkan bantuan dua unit PCR dan 20.000 test kit.

"Nantinya jika alat pendukung tersebut telah tersedia di BTKLPP Batam, hasil akan lebih cepat didapat pasien dan tanpa perlu menunggu pemeriksaan di Jakarta, dibutuhkan waktu delapan hari baru dapat. Sementara, jika sudah dicek di BTKLPP Batam, dua hari hasil pemeriksaan swab sudah keluar," jelas Tjetjep.

Tjetjep juga mengatakan, Pemprov Kepri pun akan memberikan insentif untuk tenaga BTKLPP agar kinerjanya semakin optimal, cepat dan tepat.

Editor: Gokli