Antisipasi Corona, Anggota DPD Haripinto Pastikan Thermal Scaner Terpasang di Pelabuhan
Oleh : Gokli
Selasa | 11-02-2020 | 08:52 WIB
haripinto1.jpg
Anggota DPD RI Dapil Kepri, Haripinto cek kesiapan petugas pelabuhan Internasional Batam Center untuk antisipasi masuknya virus corona. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPD RI Dapil Kepri, Haripinto melakukan kunjungan ke Pelabuhan Internasional Batam Centre, Sabtu (8/2/20) sore.

Dalam kunjungan tersebut, Haripinto memantau kesiapan Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Ia juga menyempatkan diri berbincang bersama masyarakat sambil meneguk secangkir kopi di sudut salah satu resto yang ada di Pelabuhan tersebut.

"Kami datang untuk memastikan bahwa sistem Pengawasan yang ada di pelabuhan berjalan dengan baik, alat-alatnya medisnya berfungsi dengan baik, dan petugas di kantor kesehatan pelabuhan juga bekerja sesuai prosedur, dan tadi juga kita sudah melihat bersama sama bahwa thermal scannernya juga berfungsi dengan baik," ujar Haripinto.

Petugas Kesehatan Pelabuhan (PKK) menjelaskan, alat yang terpasang (thermal scanner) sudah beroperasi sesuai standar. Thermal scanner ini sudah terbukti kemampuannya untuk mendeteksi suhu panas.

"Walaupun kemungkinan yang lolos juga ada, tapi kan sudah kita back up juga dengan kartu kewaspadaan yang kita berikan ke setiap penumpang," ucapnya.

Penumpang juga sudah diberikan kartu kewaspadaan kesehatan yang harus dipegang oleh semua penumpang yang datang dari luar negeri. Sehingga jika ada seorang yang tidak terdeteksi namun tiba di rumah merasakan sakit, bisa datang ke rumah sakit dengan menggunakan kartu kewaspadaan
tersebut.

Menurut Haripinto, Kota Batam saat ini aman dari penularan virus Corona. Kendati demikian, masyarakat dan petugas yang bertugas diminta harus tetap waspada. Menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh adalah kunci utama agar kita dapat terhindar dari wabah virus corona tersebut.

"Pasca adanya isu tentang Virus Corona, kedatangan wisman ke Indonesia melalui pelabuhan Batam Center sedikit mengalami penurunan dan tidak terlalu mengkhawatirkan," ujar Manager Operasional PT Synergy Tharada yang merupakan pengelola Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Nika Astaga.

"Hingga kini belum ada ditemukan yang sudah terinfeksi virus corona, termasuk penumpang kapal yang berasal dari luar negeri. Kota Batam Zero Virus Corona," tegasnya.

Sebagai antisipasi dari Virus Corona itu, seluruh petugas di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center dihimbau agar memakai masker sesuai SOP yang disepakati. Bahkan bukan hanya petugas saja, tapi
seluruh orang masuk kearea pelabuhan diminta untuk mengunakan masker.

Haripinto berharap masalah virus corona ini cepat teratasi, sehingga tingkat kunjungan setiap Pelabuhan yang ada di Kepri, khususnya Kota Batam dapat normal kembali seperti semula.

Editor: Yudha