Perlombaan Desa Pangan Aman, BPOM RI Verifikasi Desa Batu Kacang Lingga
Oleh : Wandy
Rabu | 05-02-2020 | 17:04 WIB
nizar-desa-pangan.jpg
Wakil Bupati Lingga, M Nizar saat menyampaikan kata sambutan pada acara verifikasi Desa Pangan Aman di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Rabu (5/2/2020). (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan verifikasi Desa Pangan Aman di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Rabu (5/2/2020).

Perlombaan 'Desa Aman Pangan' ini merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui BPOM agar turut serta menjaga ketahanan pangan tetap aman.

Perwakilan BPOM RI, Ruki Fanaike menuturkan, keamanan pangan tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat melainkan tanggung jawab dari semua lapisan masyarakat.

"Karena masyarakat memiliki peran penting untuk mengkonsumsi pangan tersebut dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi," kata Ruki.

Ruki menjelaskan, perlombaan ini dimulai sejak 2015 dan pada 2020 perlombaan desa ini diikuti sebanyak 29 desa dari 29 provinsi seluruh Indonesia. "Untuk Provinsi Kepri Desa Batu Kacang dipilih menjadi perwakilan desa yang ikut serta dalam lomba Desa Aman Pangan ini dan alahamdulillah Desa Batu Kacang masuk nominasi 7 besar," bebernya.

Menurut dia, untuk penilaian nanti akan dilakukan pengecekan pada praktek pangan rumah tangga dan juga praktek pangan UKM di Daerah Desa Batu Kacang. Semoga hasilnya nanti sesuai harapan dan bisa berjalan dengan lancar.

"Semoga program ini bisa berkelanjutan untuk ke depannya dan bisa mendorong pendapatan ekonomi di Kabupaten Lingga," paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga, M Nizar mengucapkan terima kasih kepada BPOM RI yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Batu Kacang untuk mengikuti lomba Desa Aman Pangan tingkat nasional.

"Semoga nanti hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama yang mana Desa Batu Kacanag bisa masuk 3 besar tingkat nasional," harap Nizar.

Nizar menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini dan semoga Desa Batu Kacang bisa menang di tingkat nasional nantinya. "Kepada desa-desa yang lain semoga dapat mengikuti atas capaian Desa Batu Kacang ini sehingga keamanan pangan ini dapat diterapkan di desa-desa lainnya," ungkap Nizar.

Editor: Gokli