4 KAL dan 6 Combat Boat

TNI AL Miliki 10 Armada Baru Buatan Anak Negeri
Oleh : Harjo
Senin | 09-12-2019 | 17:40 WIB
kasal-siwi.jpg
Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji bersama jajarannya usai serah terima armada baru di Dermaga Fasharkan TNI AL Mentigi, Tanjunguban, Bintan, Senin (9/12/2019). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Armada baru TNI AL buatan anak negeri diserah terimakan hari ini, Senin (9/12/2019) di Dermaga Fasharkan TNI AL Mentigi, Tanjunguban, Bintan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Siwi Sukma Adji dalam acara serah terima ini menyampaikan, ada 10 armada baru yang kini dimiliki TNI AL, hasil produksi sejumlah perusahaan di Batam.

Ke-10 armada baru itu terdiri dari 4 unit jenis KAL dan 6 unit jenis Combat Boat. Kapal baru ini rata-rata memiliki kecepatan mencapai 100 Km/jam atau setara 45 Knots.

Armada baru ini, jelas Kasal, dirancang dengan konsep peperangan teritorial. Di mana, Indonesia, terdiri dari kepualauan maka alutista yang dibutuhkan harus memiliki kecepatan untuk menjaga kedaulatan.

Kapal baru ini, nantinya akan dispersi di beberapa pangkalan yang ada di Indonesia. Baik di sekitar Selat Malaka, Jawa seperti Banten, Banyuwangi, Jawa Timur hingga wilayah Timur Indonesia.

"Telah terjalin kerja sama yang sangat baik dengan industri swasta nasional yang saat ini mampu berkontribusi di bidang pertahanan negara. Kapal ini, 100 persen diproduksi dalam negeri, dibuat oleh anak bangsa," ungkapnya.

Disinggung masalah kebutuhan alutista TNI AL, Kasal menyampaikan hingga saat ini sudah mencapai 40 persen, di mana dari 300 kapal yang dibutuhkan sudah ada 141 unit.

Namun terkait kebutuhan tersebut, menurutnya akan terus ditingkatkan hingga terpenuhinya sesuai kemampuan anggaran ke depannya.

Adapun kapal yang dibangun sesuai dengan geografis Indonesia dan sudah melalui kajian tersebut di antaranya, dua unit KAL 28 M produksi PT Lims Nautical Shipyard yang akan memperkuat jajaran Koarmada I itu diberi nama KAL Iboih (IBH) I-1-71 dan KAL Sorake (SRK) I-2-18. Sedangkan dua unit KAL 28 M produksi PT Palindo Marine diberi nama KAL Talise (TLS) II-6-65 dan Kal Lalos (LLS) II-8-34.

Selain KAL 28 M akan dilaksanakan pula penyerahan Combat Boat AL D-18 satu unit dari PT Infinity Global Mandiri, yang akan memperkuat jajaran Koarmada II dan diberi nama Patkamla Balaroa (BLR) II-6-66. Dua unit Combat Boat AL D-18 dari PT Citra Shipyard diberi nama Patkamla Gorar (GRR) III-9-19 dan Patkamla Wasur (WSR) III-11-16. Serta tiga unit produksi PT Palindo Marine diantaranya Patkamla Binanga (BNG) II-6-67, Patkamla Santiago (STG) II-8-35, Patkamla Kastela (KTL) III-14-13 untuk memperkuat jajaran Koarmada III.

KAL 28 M ini, memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 18 knots, dan membawa ABK sebanyak 15 orang. Serta mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari. Sedangkan Combat Boat AL D-18 memiliki spesifikasi panjang 18 meter, lebar 4,5 meter, dengan berat 20 ton dengan kecepatan maksimal 45 knots.

Editor: Gokli