Hampir Setahun Rusak, Pemkab Karimun Belum Perbaiki Lampu Jalan Coastal Area
Oleh : Freddy
Sabtu | 07-12-2019 | 08:52 WIB
lampu-1.jpg
Lampu Jalan Coastal Area. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Hampir setahun puluhan baterai lampu jalan tenaga surya di sepanjang Jalan Coastal Area Tanjungbalai Karimun hilang, namun hingga kini belum ada upaya dari pemerintah daerah untuk memperbaikinya.

Wakil Bupati Karimun, Anwar hasyim mengatakan, pemerintah daerah mengetahui kalau baterai yang dipasang ditiang listrik tenaga Surya tersebut telah hilang kemungkinan besar digondol maling.

Menurutnya, pemerintah daerah punya keinginan memperbaikinya, tetapi karena ini terkait dengan anggaran tentunya harus disikapi dengan hati-hati.

"Harga baterai lampu tenaga surya ini cukup mahal, nanti kita pelajari dulu. Kalau hilang perlu dibuatkan berita acara dulu sebelum dianggarkan kembali di APBD Kabupaten Karimun," ujar Anwar hasyim.

Sementara sebagian warga masyarakat berharap lampu jalan di Coastal Area Tanjungbalai Karimun yang lampunya sudah tak menyala lagi dapat segera berfungsi lagi menerangi jalan dimalam hari.

Menurut warga, jika tidak adanya penerangan di sepanjang jalan Coastal Area akan menyebabkan kerawanan bagi pengguna jalan di malam hari ,baik dari tidak kejahatan maupun kecelakaan lalulintas.

"Kalau tak salah, lampu tenaga surya di sepanjang Coastal Area Tanjungbalai Karimun hanya hidup dua bulan saja dan selepas itu gelap gulita, untung saja masih ada cahaya penerangan dari hotel-hotel sekitar serta cahaya dari kios pedagang yang berjualan sampai malam hari," ungkap Dimas.

Editor: Yudha