Pesan Tjahjo ke Tito, Jaga Stabilitas Daerah Sampai Tingkat Terkecil
Oleh : Irawan
Rabu | 23-10-2019 | 16:04 WIB
sertijab_mendagri.jpg
Sertijab jabatan Menteri Dalam Negeri dari Tjahjo Kumolo ke Tito Karnavian

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tjahjo Kumolo meminta penggantinya sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar menjaga stabilitas daerah. Sebab, saat ini kondisi stabilitas daerah sampai tingkat terkecil masih rawan, karena kurangnya koordinasi.

"Saya yakin Pak Tito mampu mengoptimalkan (stabilitas daerah). Karena saya rasa 5 tahun ini yang belum cukup adalah menjaga stabilitas daerah," ujar Tjahjo dalam sambutannya di acara serah terima jabatan (sertijab) di Aula Gedung C, Kantor Kemendagri, Jl Merdeka Utara, Rabu (23/10/2019).


Tjahjo yang kini diangkat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini meminta Tito untuk memperhatikan kondisi stabilitas daerah sampai tingkat terkecil. Sebab, Tjahjo menjelaskan koordinasi di tingkat paling bawah dinilai masih minim.

Bahwa seorang camat itu harus tahu di daerahnya ada kapolsek, bhabinkambtibmas, babinsa, koramil, tokoh ada, tokoh masyarakat juga tokoh agama. Ini yang ada kadang-kadang kurang koordinasi. Kalau ada permasalahan timbul baru koordinasi," ucapnya.

Dampingi Jokowi
Sementara itu, Mendagri yang baru Tito Karnavian mengatakan, akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua.

"Kemungkinan hari Jumat saya akan mendampingi Bapak Presiden bersama dengan Panglima TNI dan Plt Kapolri ke Papua, beliau akan hingga Sabtu atau Minggu," ujar Tito dalam sambutannya di acara Sertijab, Kantor Kemendagri.

Sementara itu, untuk kegiatannya di kementerian, Tito mengatakan akan menyelesaikan urusan di internal kepolisian lebih dulu. Setelahnya, lanjut dia, eks Kapolri ini akan mendalami tugas-tugas di kementerian.

"Jika ada hal penting yang perlu memang harus diambil keputusan saya besok akan datang ke sini, setelah itu mungkin minggu depan kita mulai saling mengenal lebih dalam tugas masing-masing," ucapnya.

Tito menegaskan, akan meneruskan program yang sudah dikerjakan oleh Mendagri sebelumnya Tjahjo Kumolo. Dia juga bakal membuat format yang tepat di kementerian.

"Dan bagaimana kemudian saya mencari format yang tepat, yang jelas saya akan meneruskan apa yang dikerjakan oleh Bapak Tjahjo Kumolo, yang baik tentu kita akan tingkatkan, kita intensifkan, dan kalaupun ada kekurangan kita akan sama-sama memperbaiki. Saya mohon diterima sebagai bagian dari keluarga besar Kemendagri," lanjut Tito.

Editor: Surya