Tabalkan Pengurus Himelaya Anambas, Yan Fitri: Mari Tetap Mengutamakan Persaudaraan
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 14-10-2019 | 08:41 WIB
melayu-raya1.jpg
Pembina Utama Himelaya Kepri, Yan Fitri serahkan Bendera Himelaya kepada Korwil Himelaya Anambas, Sahtiar. (Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, yang juga Pembina Utama Perhimpunan Melayu Raya (Himelaya) Kepri, menabalkan pengurus Himelaya Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Acara penabalan Pengurus Himelaya Anambas ini digelar di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Minggu (13/10/2019) malam. Dalam arahannya, Yan Fitri mengatakan Himelaya merupakan wadah perekat dan pemersatu persaudaraan di Kepri tanpa memandang suku, agama dan ras.

"Himelaya merupakan perhimpunan perpolisian masyarakat yang hadir dengan memberikan rasa aman dan nyaman. Hadir di setiap musibah dan masalah. Di dalam perhimpunan ini, kita terdiri dari berbagai latar belakang yang mempunyai satu harapan dan satu tujuan yaitu sebagai pemersatu bangsa," tegas Yan Fitri.

Selain itu, Himelaya merupakan garda menjaga Empat Pilar Kebangsaan, yang mengutamakan persaudaraan. Pasalnya, persaudaraan itu bukan ditentukan oleh darah. Namun, dalam sejarah Nusantara sebelum Masehi, para pendahulu telah melakukan interaksi dengan kelompok lain dan melakukan perkawinan antar budaya sehingga menghadirkan berbagai gen.

"Untuk itu Himelaya hadir dengan visi menjaga warisan budaya pendahulu kita, menjaga adat-istiadat, kearifan lokal dan pemersatu berbagai suku dan agama. Serta menjadi garda menjaga nilai-nilai kebangsaan," jelasnya.

Yan Fitri juga mengajak agar seluruh elemen turut bergabung dengan Himelaya demi menjaga kesatuan bangsa. "Himelaya merupakan wadah pemersatu dan mengutamakan persaudaraan. Dan ini terbuka untuk semua elemen masyarakat tanpa membedakan suku, agama dan ras. Himelaya juga mempunyai tujuan untuk membantu dan mendukung pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang kreatif," tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra yang juga merangkap sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bahwa Perhimpunan Melayu Raya mencakup arti yang luas dan besar. Dia pun mengingatkan, agar kebesaran itu tidak menjadi sombong dan lupa diri.

"Tapi jadikan kebesaran itu untuk pembangunan demi kemajuan daerah. Mudah-mudahan cita-cita Himelaya segera terwujud demi persatuan dan kesatuan. Dan jadikan Himelaya ini sebagai wadah kekuatan untuk menutupi kelemahan," tegasnya.

Sedangkan Sahtiar yang dinobatkan sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Himelaya Kepulauan Anambas optimis dapat menjaga kepercayaan yang telah diberikan. "Mudah-mudahan apa yang dipercayakan kepada kami, bisa kami wujudkan demi kemajuan daerah, bangsa dan negara ini. Khusunya pada cita-cita Himelaya ini," ucapnya.

Editor: Chandra