XL Axiata Dukung Pemerintah Kembangkan Wisata Danau Toba
Oleh : Gokli
Minggu | 22-09-2019 | 10:04 WIB
xl_danau_toba.jpg
Pemasangan 550 BTS 4G dan 3G milik XL Axiata di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara

BATAMTODAY.COM, Medan - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal ini sebagai bentuk dukungan atas pembangunan infrastruktur wisata yang sedang dilaksanakan pemerintah dalam upaya menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

Saat ini telah beroperasi sekitar 550 BTS 4G dan 3G milik XL Axiata yang melayani area sekeliling danau terbesar di Indonesia tersebut.

Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, "Kami menyambut baik upaya pemerintah dalam mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata andalan di masa mendatang. Karena itu, dengan antusias, kami menyertainya dengan memperkuat jaringan data berkualitas yang meng-cover sekitar Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, juga di sepanjang jalur menuju ke sana. Tidak ketinggalan, kami juga memperkuat jaringan di Bandara Silangit dan juga sepanjang jalur darat dari Medan ke Danau Toba."

Francky optimis pembangunan infrastruktur wisata akan mampu meningkatkan pamor Danau Toba. Kawasan itu tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah, namun juga kekayaan budaya yang luar biasa, yang menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketersediaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas akan menjadi kebutuhan para wisatawan dan pelaku industri wisata pendukungnya.

Di sisi lain, pemerintah pusat, pemerintah daerah, warga sekitar, dan semua pemangku kepentingan di sana juga membutuhkan layanan telekomunikasi dan data yang baik untuk meningkatkan produktivitas di sektor ekonomi dan sosial lainnya.

Francky menambahkan dalam beberapa waktu terakhir, trafik layanan data XL Axiata juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di area-area sekitar Danau Toba.

Hal ini menunjukkan semakin banyaknya pelanggan XL Axiata yang nyaman dengan layanan data yang telah tersedia.

Bagi wisatawan, eloknya pemandangan alam dan atraksi budaya di sana merupakan pengalaman yang layak diunggah di media sosial berbagai platform, baik dalam format foto maupun video. Karena itu, kualitas jaringan data menjadi perhatian utama XL Axiata dalam penyediaan layanan di Kawasan Danau Toba.

Infrastruktur jaringan XL Axiata di Kawasan Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, didukung lebih dari 750 BTS, termasuk hampir 550 BTS data (3G dan 4G). Sementara itu di sekitar Bandara Silangit, yang telah menjadi akses baru menuju Danau Toba melalui jalur udara, XL Axiata juga telah menempatkan sekitar 40 BTS 4G dan 3G.

Begitu juga di sepanjang jalur darat dari Medan menuju Danau Toba sejauh kurang lebih 90 km, hampir seluruhnya telah terlayani jaringan data berkualitas 4G dan 3G.

Danau Toba yang seluas 1.130 km persegi merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, dan masuk di tujuh kabupaten di Sumatera Utara. Selain wisata, kawasan danau juga memiliki potensi ekonomi di sektor perikanan, pertanian, perkebunan, dan kehutanan.

Adat istiadat masyarakat Batak di Samosir dan sekitar danau sangat atraktif dan selama ini telah mampu merebut perhatian wisatawan lokal dan dunia.

Dengan pengembangan wisata yang saat ini dilakukan, pemerintah berharap Danau Toba akan menjadi salah andalan industri wisata terdepan setelah Bali.

Editor: Surya