BMKG Tarempa Prediksi Kabut Asap di Kepulauan Anambas akan Makin Tebal
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 18-09-2019 | 15:05 WIB
langit-anambas.jpg
Langit Anambas yang diselimuti kabut asap. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tarempa memprediksi, kabut asap di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas akan semakin tebal.

 

Ini diakibatkan adanya pola angin belokan, sehingga kabut asap kebakaran hutan dan lahan dari Riau dan Kalimantan tertumpu di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Jarak pandang semakin menurun, sekarang hanya tembus 400 meter. Ini merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Kalimantan, yang dibawa angin ke wilayah Kepri khususnya Anambas," kata Prakirawan BMKG Tarempa, Samuel, Rabu (18/9/2019).

Samuel menguraikan, sesuai data yang diprediksi BMKG, situasi kabut asap tebal akan tetap terjadi selama 3 hari ke depan. Dan potensi berkurangnya kabut asap sulit terjadi, karena pola angin yang belum berubah.

"Kecepatan angin di wilayah kita hanya tembus 12 knots yang bergerak dari arah Selatan. Kabut asap ini bisa berkurang apabila terjadi hujan, namun dari data kita potensi hujan selama tiga hari ke depan sangat rendah untuk wilayah Anambas," terangnya.

Editor: Dardani