Komisi V DPR Sesalkan Terjadinya Musibah Terbakarnya KM Santika Nusantara
Oleh : Irawan
Minggu | 25-08-2019 | 13:04 WIB
fary_djemy_francis1.jpg
Fary Djemy Francis, Ketua Komisi V DPR RI. Anggota Fraksi Gerindra

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi V DPR RI prihatin dan menyesalkan terjadinya musibah terbakarnya KM Santika Nusantara di perairan Pulau Masalembu, pada Kamis (22/8/2019) Sekitar pukul 20.45 WIB.

"Komisi V DPR RI mengucapkan duka cita yang mendalam kepada para korban dan keluarga atas terjadinya musibah terbakarnya KM Santika Nusantara dan mendesak KNKT dan Kepolisian untuk menyelidiki dan menemukan sebab-sebab terjadinya kecelakaan dan menyampaikan hasilnya kepada publik sesuai peraturan perundang-undangan," kata Fary Djemy Francis, Ketua Komisi V DPR RI. Anggota Fraksi Gerindra di Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Menurutnya, Komisi V DPR RI menyayangkan lemahnya pengawasan Pemerintah terhadap penyelenggaraan angkutan laut khususnya terhadap pemeriksaan barang khusus dan barang berbahaya serta masih adanya data manifest penumpang yang simpang siur.

Untuk itu selain peningkatan pengawasan diperlukan pula peningkatan pelayanan dengan penerapan XRAY SCANNING bagi kendaraan serta pemberlakuan system pembelian dan aplikasi tiket secara online dan menggunakan system check in dan boarding seperti telah dilakukan di penerbangan dan Kereta api.

"Komisi V DPR RI mendesak agar dilakukan evaluasi yang mendalam terhadap dugaan berulangnya kejadian yang mirip terjadi pada kecelakaan ini dengan kecelakaan dua tahun sebelumnya pada KM Mutiara Sentosa I di tahun 2017 sehingga kejadian ini tidak berulang kembali," kata Politisi Partai Gerindra.

Editor: Surya