Fahri Tuding Pemerintah Alihkan Akar Masalah Kerusuhan Papua dengan Blokir Internet
Oleh : Irawan
Minggu | 25-08-2019 | 12:32 WIB
fahri130.jpg
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menuding pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalihkan akar masalah yang menyebabkan kerusuhan di Papua, dengan melakukan pemblokiran jaringan data dan internet di Papua dan Papua Barat.

"Ayo Istana. Jangan bikin rusak suasana. Ngobrol dong. Jangan main blokir saja dan mengalihkan masalah," tulis Fahri Hamzah dalam akun twitternya @Fahrihamzah pada Sabtu (24/8/2019).

Tudingan Fahri tersebut lantaran pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo) melakukan pemblokiran layanan data di Papua dan Papua Barat.

Fahri menuturkan, seharusnya pemerintah mengajak warga Papua berdialog, bukan memperkeruh suasana dengan cara melakukan pemblokiran akses internet. Karena itu, ia meminta pemerintah segera menyelesaikan permasalahan kerusuhan yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Jangan selesaikan masalah dengan menumpuknya di bawah karpet Istana. Nanti bau busuk bikin rusak suasana," kata inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu.

Untuk diketahui, Rabu, 21 Agustus 2019, lewat Siaran Pers No. 155/HM/KOMINFO/08/2019 tentang Pemblokiran Layanan Data di Papua dan Papua Barat, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi, mulai Rabu (21/8/2019) hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal.

Pembatasan tersebut, menurut pihak Kemenkominfo dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya.

Kemenkominfo juga telah melakukan perlambatan (throttling) akses jaringan internet di beberapa wilayah Papua saat terjadi aksi massa pada Senin (19/8/2019).

Editor: Surya