Pengaspalan Jalan Soekarno-Hatta Terkendala Pembebasan Lahan dan Tiang Listrik
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 24-07-2019 | 15:04 WIB
jalan-di-anambas.jpg
Proses peningkatan Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Siantan. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Peningkatan Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas terkendala pada pembebasan lahan dan tiang listrik.

Demikian ungkap Pengawas Lapangan, Martin, kontraktor pelaksana Peningkatan Jalan Soekarno-Hatta mulai dari Desa Gudang Tengah hingga Desa Batu Tambun, Kecamatan Siantan.

"Saat ini kendala kita hanya pembebasan lahan dan tiang listrik yang belum dipindahkan. Kalau itu sudah beres, kita langsung lakukan pengaspalan," ujar Martin, Rabu (24/7/2019).

Martin menambahkan kalau badan jalan dari Gudang Tengah menuju Batu Tambun telah selesai pematangan. Menurutnya, Agustus mendatang pengaspalan sudah bisa dilakukan.

"Mudah-mudahan pembebasan lahan rampung, agar Agustus bisa dilakukan pengaspalan," ucapnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Anwar mengatakan, pihaknya menggelar seleksi ulang pembebasan lahan untuk mendukung Jalan Soekarno-Hatta, di Kecamatan Siantan. Pasalnya, pada lelang pertama tidak ada penawaran yang masuk selama 45 hari.

"Kita sudah buka untuk lelang yang kedua. Kalau nanti tak ada juga yang memasukkan penawaran, maka akan dilakukan pemilihan langsung," ujar Khairul Anwar.

Meski demikian, lanjut Khairul, proyek peningkatan Jalan Soekarno-Hatta di Desa Tarempa Selatan tepatnya di Gudang Tengah menuju Batu Tambun tetap berjalan.

"Peningkatan Jalan Soekarno-Hatta tetap berjalan seiring pembebasan lahan selesai dilelang," ucapnya.

Khairul melanjutkan, peningkatan Jalan Soekarno Hatta sepanjang 1 kilometer dari Gudang Tengah menuju Batu Tambun dan rehab minor sepanjang 2,3 kilometer dari Batu Tambun hingga Simpang Masjid Jami.

"Itu merupakan proyek lanjutan yang berasal dari APBN sekitar Rp 8 miliar. Dan tahun 2018 lalu sudah diaspal dengan panjang 3 kilometer," ucapnya.

Editor: Dardani