3 Perusahaan Asal Hongkong Jajaki Peluang Investasi di Batam
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 18-07-2019 | 08:28 WIB
perusahaan-kunjungi-bp-batam.jpg
Pertemuan di kantor BP Batam. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Delegasi 3 perusahaan yang tergabung dalam Group Fujikon Industrial Hongkong Ltd, mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Rabu (17/7/2019), untuk menjajaki peluang dan kemudahan berinfestasi di Batam.

Adapun 3 perusahaan tersebut yakni Fujikon Industrial co, Wing Sang Bekelite Electrical Mfy Ltd, dan UCP International co Ltd. Keseluruhan perusahaan ini, memproduksi berbagai produk elektronik termasuk perlengkapan rumah tangga.

Managing Director PT Central Global, Santos Loy, sebagai fasilitator mengatakan, pertemuan tersebut merupakan tahapan penjajakan untuk membicarakan hal-hal mendasar, seperti arah kebijakan regulasi dan insentif yang diberikan.

"Kita punya bisnis development dengan tugas menarik investor dari luar. Kita punya network di Hongkong sama China seperti kita tahu berhubung trade war ini. Maka di Batam punya peluang untuk menarik investor dan hadirnya grup dari Hongkong ini bahwa mereka mau keluar tapi mereka tidak tahu mau kemana maka itu mereka hubungi kita, kita langsung hubungi BP Batam," ujar Santos Loy.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketiga perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar dengan jumlah karyawan terbilang banyak di negara asalnya. Nantinya, ketiga perusahaan asal Hongkong ini, akan kembali melakukan penjajakan kembali setelah kembali dari Batam.

"Grup mereka besar sekali, ada belasan ribu asosiasi mereka di situ. Ini kesempatan kita tiga perusahaan yang hadir di sini punya karyawan ada yang 4.000-5.000 orang, ada yang 2.000 lebih dan ada yang 800 orang. Mereka saat ini juga sedang membandingkan antara Indonesia, Myanmar, dan Vietnam," sambungnya.

Ia pun meyakini dengan penjajakan awal yang dilakukan pihaknya bersama delegasi perusahaan tersebut ke BP Batam akan berdampak positif bagi perekonomian Batam.

"Impressive awal sangat bagus, yang terpenting adalah cost nya karena mereka barusan dari Vietnam dan bagi produksi kan semua faktor kepada cost nya, namun mereka nanti akan bandingkan dengan Myanmar dan Vietnam karena mereka punya data-datanya dan mereka nanti akan sharing ke kita, kita usahakan bisa disini, kita orang lokal kita orang Batam kita mau Batam maju," harapnya.

Plh Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Mohamad Taofan, mengatakan Batam terbuka dengan masuknya investasi asing. Batam memiliki banyak peluang usaha yang dapat ditawarkan kepada investor.

"Peluang investasi di Batam sangat terbuka bagi perusahaan asing. Kita sudah jelaskan kondisi Batam saat ini dan keunggulan Batam, mudah-mudahan dapat berlanjut dan merealisasikan investasinya," kata Topan, setelah pihaknya menerima kunjungan.

Editor: Chandra