Polda Kepri dan Bea Cukai Batam Amankan Kapal Tanker Diduga Buronan Interpol Taiwan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 21-06-2019 | 09:41 WIB
kapal2.jpg
Salah satu kontainer yang berisi daging babi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri bersama Bea Cukai Batam dikabarkan berhasil mengamankan kapal tanker MV Brilliant. Kapal tersebut diinformasikan merupakan buronan Interpol Taiwan.

Informasi yang didapatkan di lapangan, kapal tanker tersebut diketahui merupakan kapal curian yang berangkat dari Taiwan menuju RRC (Republik Rakyat Cina) dan ketika diamankan, kapal tangker MV Brilliant ini sudah diganti nama menjadi MV Rina.

Belum diketahui pasti lokasi penangkapan kapal curian ini, namun kapal tersebut saat ini sudah berada di pelabuhan Batuampar, untuk diperiksa lebih lanjut.

Dalam penegahan, setidaknya berhasil mengamankan 9 ABK kapal serta satu Kapten Kapal antara lain, Johvie Johnhard Pangemanan, Mohamad Khoirunnasihin, Firmansyah, Sutrisno, Ricky Rizky, Mulyono Kamid, Sopyan Taofik, Erwantan, Leo Sheilendra Anggoro Husodo.

Dari hasil pemeriksaan sementara, tim gabungan berhasil mengamankan 18 kontainer yang berisi daging babi. Namun sampai saat ini apakah ada indikasi lainnya di dalam 18 kontainer tersebut masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hingga berita ini diterbitkan, BATAMTODAY.COM masih berusaha mengkonfirmasi pihak Polda Kepri serta Bea Cukai Batam terkait tangkapan kapal tangker buronan Interpol Taiwan tersebut.

Saat dikonfirmasi ke Kabid BKLI KPU BC Tipe B Batam, Sumarna, ia menerangkan bahwa kapal tersebut merupakan hasil tangkapan Polri. Bea dan Cukai hanya diminta bantuan kapal serta anjing pelacak.

"Ini tangkapan Polri, mas. Bea Cukai diminta bantuan kapal sama anjing pelacak saja. Untuk lebih pastinya, silahkan konfirmasi ke pihak kepoolisian," ujar Sumarna.

Editor: Chandra