Waisak, Momentum Persatuan dan Kebhinekaan Masyarakat Madani
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 17-06-2019 | 10:04 WIB
perayaan-waisak.jpg
Peringatan Dharmashanti Waisak 2563 di Provinsi Kepulauan Riau. (Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Peringatan Dharmashanti Waisak 2563 di Provinsi Kepulauan Riau menitikberatkan pentingnya menjaga kebhinekaan dalam kebersamaan.

Peringatan Waisak 2563 dilaksanakan umat Budha Provinsi Kepri, yang tergabung dalam Permabudhi Provinsi Kepri, di Restoran Bumi Maitri, Minggu (16/6/2019), yang dihadiri Walikota Tanjungpinang H Syahrul, Asisten 1 Provinsi Kepri, H Raja Ariza, Ketua Permabudhi Provinsi Kepri Hengky Suryawan dan sejumlah Anggota DPRD Tanjungpinang.

Tema yang diangkat dalam peringatan Waisak ini, yakni 'Menghormati Budaya Keberagaman untuk Persatuan Indonesia sebagai Wujud Pengalaman Buddha Dharma'. Acara ini diselingi dengan hiburan, seperti nyanyian, tarian dan juga penyerahan sembako serta doorprize.

Walikota Tanjungpinang H Syahrul, dalam sambutannya mengapresiasi kepada pihak penyelenggara yang telah mengemas acara sebaik mungkin dan menunjukkan semangat kebhinekaan yang jelas tergambar dari tiap-tiap acara yang disajikan.

"Mari kita pererat tali silaturahmi terhadap sesama dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang aman, damai dan nyaman serta kondusif, walaupun kita berbeda-beda suku, agama dan budaya namun tetap satu dalam Bhineka Tunggal Ika," ujar Syahrul, dalam rillis kepada BATAMTODAY.COM, Senin (17/6/2019).

Syahrul berharap dan mengajak Permabudhi dan seluruh umat Budha untuk dapat terus bersinergi bersama Pemko Tanjungpinang ataupun Pemprov Kepri untuk bersama-sama membangun negeri ini tanpa melihat perbedaan latar belakang kebudayaan atau suku bangsa.

"Saat ini mari kita hilangkan semua perbedaan baik suku ataupun agama, mari kita bersama-sama menjaga keutuhan yang telah terjalin baik saat ini, kita bangun Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya secara bersama-sama," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Permabudhi Provinsi Kepri, Hengky Suryawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang yang telah bekerja sama dengan Permabudhi dan memberikan laluan kepada umat Buddha untuk bersama-sama membangun negeri.

"Kami sangat berterimakasih kepada Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang yang telah bekerjasama dengan baik dan mempercayai Permabudhi dan umat Buddha pada umumnya untuk bersama-sama membangun Kepri tercinta," ungkapnya.

Hengky juga mengajak kepada seluruh anggota Permabudhi dan umat Buddha pada umumnya untuk tetap selalu menjaga keutuhan umat beragama di Provinsi Kepri ini. Dalam kesempatan tersebut, Hengky juga berharap acara ini dapat meningkatkan kembali semangat untuk bersama-sama dalam kadar keimanan dan persaudaraan sehingga kita dapat membangun bangsa ini.

"Apa yang Dharmasanti berikan bisa bermanfaat bagi kita dan mendatangkan berkah bagi kita, walaupun kita berbeda agama, suku, etnis, dan budaya tetapi tetaplah berpegang dalam Bhineka Tunggal Ika dan selalu menjadikan Provinsi Kepri ini aman, damai dan nyaman, mari kita tetap menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan umat beragama," ajaknya.

Editor: Chandra