Gala Dinner Pemkab Natuna dengan Peserta Yacht Rally Sail 2019
Oleh : Kalit
Kamis | 13-06-2019 | 18:16 WIB
gala-dinner-yatch1.jpg
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna Wan Siswandi memberikan sambutan dalam Gala Dinner Peserta Yacht Rally Sail 2019. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Natuna, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menyambut kedatangan turis mancanegara peserta Yacht Rally Sail to Natuna 2019.

Penyambutan tersebut dilaksanakan di Pantai Teluk Selahang (Pantai Tanjung) Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (12/6/2019) malam.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Wan Siswandi, dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik atas kunjungan para peserta Yacht Rally Sail To Natuna 2019. Ia berharap dengan adanya kunjungan para turis dari berbagai negara tersebut, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami ucapkan selamat datang di Natuna, semoga betah dan nyaman berada di sini. Kami harap para yachter akan datang lagi dengan membawa saudara dan teman-temannya. Agar Natuna lebih dikenal dan bisa meningkatkan sektor pariwisata," ucap Wan Siswandi.

Apalagi, kata Wan Siswandi, Natuna telah ditetapkan sebagai salah satu daerah percepatan pembangunan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang salah satunya adalah sektor pariwisata. Ia berharap kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar), bisa memberikan perhatian khusus.

"Kami sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, tentunya sangat mendukung program percepatan pembangunan sektor pariwisata yang sudah ditetapkan oleh Bapak Presiden Jokowi. Kami pun sangat berharap kiranya pemerintah pusat bisa memberikan perhatian khusus bagi kami, untuk mengembangkan sektor pariwisata," harap Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Natuna, agar mulai mempersiapkan exit entry point, sebagai sarana pendukung bagi kunjungan para wisatawan dari luar daerah dan luar negeri. Salah satunya adalah peserta Yacht Rally, agar kedepannya bisa langsung menuju ke Pulau Natuna, tanpa harus menyinggahi daerah lain seperti Pulau Anambas.

"Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Ini bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat. Misalnya mereka bisa membuka money changer (tempat penukaran uang), rental motor, membuat home stay, menjual souvenir, rumah makan dan lain sebagainya," saran Wan Siswandi.

Sementara Kepala Disparbud Natuna, Hardinansyah Razani, menyebutkan, bahwa ada 25 kapal dengan 42 orang peserta yang tergabung dalam Yacht Rally Sail To Natuna 2019.

"Mereka berasal dari delapan negara yaitu Australia, Amerika, Perancis, Swiss, Inggris, Malaysia, Singapura dan New Zealand (Selandia Baru, red),” jelas Hardinansyah.

Hardinasyah mengatakan, bahwa Natuna harus segera memiliki exit entry point. Supaya kedepan para peserta yachter tidak perlu lagi harus singgah ke daerah lain, dan bisa langsung menuju ke Natuna.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang ikut mendukung demi suksesnya kegiatan Yacht Rally Sail To Natuna 2019. Ia mengakui, tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, Disparbud Natuna tidak akan mampu untuk menyelenggarakan event rutin tahunan seperti itu.

"Mudah-mudahan kedepan bisa lebih meriah lagi, dan yang datang semakin ramai. Semoga ini adalah awal dari pembangunan sektor Pariwisata Natuna," harap Hardinansyah, menutup sambutannya.

Sementara itu salah satu perwakilan dari peserta Yacht Rally 2019, Mr. Tim, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah dan Masyarakat Natuna, yang telah menyambut hangat kedatangan mereka dengan acara yang sangat meriah. Menurutnya, masyarakat Natuna sangat ramah-ramah dan bisa menerima kedatangan mereka dengan baik.

Editor: Yudha