Kejati Kepri Terima SPDP

Andi Cori Jadi Tersangka Pencurian Plat Baja Jembatan Dompak
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 24-04-2019 | 16:29 WIB
1-tsk-baja2.jpg
Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erpangga dan Wadirreskrimum Polda Kepri, AKBP Ari Darmanto saat menggelar konfrensi pers di ruangan Media Canter Mapolda Kepri, Senin (7/1/2019), (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kejakasaan Tinggi (Kejati) Kepri telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dua tersangka baru dalam perkara dugaan pencurian Plat Baja Pelabuhan Dompak Tanjungpinang, Rabu (24/4/2019).

Kedua tersangka baru ini diantaranya Andi Cori Patahuddin, Caleg Partai Hanura DPRD Provinsi Kepri dan Andri Usmar, koordinator lapangan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kepri, Andi M Arief membenarkan bahwa pihaknya telah menerima SPDP baru dari perkara pencurian plat baja pembangunan jembatan Dompak Tanjungpinang.

"SPDP kami sudah menerima. Ada dua tersangka baru di dalam SPDP, Andi Cori dan Andri Usmar," ungkap Andi M Arief saat ditemui di PN Tanjungpinang.

Di dalam SPDP diketahui bahwa kedua tersangka ini di jerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian.

Diketahui bahwa di dalam persidangan terdakwa La Mane yang menghadirkan saksi saksi Salman Yudi, Direktur PT Bintan Batam Sukses dan Agus, sopir mobil crane pengangkut plat baja terungkap keterlibatan Andi Cori.

Agus, dalam persidangan menyebutkan bahwa setelah diperintahkan oleh pimpinannya untuk membawa mobil crane yang disewa oleh Andri yang merupakan anak buah dari Andi Cori Patahuddin untuk mengangkut plat baja di jembatan dompak.

"Saya bawa mobil crane ini dari gudang ke Dompak tidak ada yang ngawal tetapi sebaliknya ketika saya bawa mobil crane berserta beberapa plat baja dari jembatan ada yang mengawal dari kepolisian. Karena kalau gak dikawal kami tidak berani," ujar Agus.

Agus menyebutkan, tidak hanya diperintahkan oleh Andri untuk mengakui plat baja di pelabuhan dompak tetapi, dirinya juga diperintahkan untuk mengangkut plat baja yang ada di Sat Pol PP Pemprov Kepri di Tanjung Siambang Dompak. Selain itu untuk pengambilan plat baja di jembatan dompak dilakukannya pada malam hari dan selalu di awasi oleh Andri.

"Di jembatan Dompak saya mengangkut 12 lembar plat baja. Plat baja itu kemudian dibawa ke gudang besi tua KM 18 Kijang, Bintan," paparnya.

Keesokan harinya, Agus diminta lagi oleh Andri untuk mengangkut plat baja dari jembatan dompak ke Kantor Satpol PP Pemprov Kepri. Kemudian sepengetahuan Agus selanjutnya dirinya disuruh untuk mengambil 6 lembar plat baja dua kali trip di Kantor Satpol PP untuk dibawa ke galangan kapal Kampung Bulang Tanjungpinang.

"Selanjutnya ada juga dari galangan kapal saya mengangkut untuk dibawa ke Pelabuhan Sri Payung KM 6 Tanjungpinang. Untuk jumlahnya saya tak ingat," ujarnya

Di tempat yang sama, Yudi membenarkan bahwa yang menyewa mobil crame tersebut adalah Andri. Ia juga menjelaskan Andri menyewa mobil crame ini sebanyak 3 kali. Biaya sewanya untuk satu hari nya sebesar Rp 4 juta. Namun Andri hanya membayar dua kali saja.

Dengan mendengarkan keterangan kedua orang saksi ini, Majelis Hakim, Eduart P Sihaloho memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fahmi untuk menghadirkan Andri orang suruhan Andi Chori untuk di hadirkan di persidangan. "Jika tidak mau hadir di persidangan maka bila perlu dijemput paksa," tegasnya.

Editor: Yudha