Sempat Dihalangi Petugas Posgat Vietnam

Kapal Baladewa 8002 Berhasil Tangkap Dua Kapal Ikan Asing di Perairan Natuna
Oleh : Romi Candra
Senin | 22-04-2019 | 19:24 WIB
suasana-penangkapan.jpg
Suasana penangkapan kapal pencuri ikan di laut Natuna. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua kapal penangkap ikan asing berbendera Vietnam berhasil ditangkap Kapal Polisi Baladewa 8002 di Perairan Natuna Utara.

Dalam ekspose yang dilakukan di Dermaga Batuampar, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga mengungkapkan, penangkapan itu dilakukan pada Selasa (16/4/2019).

Bahkan dalam penangkapan, sempat terjadi kejar-kejaran di lautan dan Kapal Baladewa di halang-halangi oleh kapal Posgat Vietnam yang juga berada di sekitar lokasi.

"Dua kapal penangkapan ikan Vietnam tanpa dilengkapi dokumen berhasil kita tangkap. Namun kapal Baladewa harus bersentuhan dengan kapal Posgat Vietnam yang mencoba menghalang-halangi penangkapan," ungkap Erlangga, Senin (22/4/2019).

Dilanjutkan, kondisi sudah dikoordinasikan dengan Kementrian perikanan serta TNI AL, sehingga penangkapan kapal Virtnam menjadi atensi bersama.

"Kapal Posgat Vietnam memang sering bersentuhan dengan kapal petugas kita, baik dari kepolisian, Bea Cukai, PKSDP, maupun TNI AL. Mereka berupaya menghalangi agar kapal dari negaranya tidak kita tangkap," bebera Erlangga.

Sementara dalam penangkapan ini, pihaknya mengamankan 14 awak kapal. Kemudian dilakukan pemeriksaan dan ditetapkan dua di ataranya sebagai tersangka.

"Yang kita tetapkan menjadi tersangka adalah nahkoda kapal. Pada satu kapal ada yang memiliki awak 9 orang, dan kapal satunya terdiri dari 5 awak," jelasnya.

Editor: Dardani