SB Alita Express Layani Pelayaran Dabo Singkep - Tanjungbuton Lingga, Ini Jadwalnya
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 26-03-2019 | 15:16 WIB
dishub-selamat1.jpg
Plt. Kepala Dishub Lingga, Selamat. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga menjalin kerjasama dengan SB Alita Express untuk melayani tranportasi laut di Lingga.

Armada SB Alita Express mengangkut kapasitas penumpang lebih kurang 52 orang dengan jadwal rute pelayaran dari pelabuhan Dabo Singkep ke pelabuhan Tanjung Buton Daiklingga.

"Iya kita bekerjasama dengan mereka. Kapal ini punya putra asli daerah Kabupaten Lingga, dari Panggak Laut. Dan juga sudah beroperasi perdana hari Senin kemarin," kata Plt. Kepala Dishub Lingga, Selamat kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (26/3/2019).

Sementara untuk jadwal kebarangkatannya dimulai dari pukul 06.45 WIB dari pelabuhan Dabo Singkep, dan kembali pada pukul 07.30 WIB dari pelabuhan Tanjung Buton. Kemudian siang harinya berangkat lagi pada pukul 15.00 WIB dari Dabo, dan kembali pukul 16.30 WIB.

Selamat mengatakan, selain melayani rute normal pada hari Senin sampai Jum'at, kapal ini juga direncanakan melayani rute pelayaran dari Tanjung Jabung Timur menuju Kabupaten Lingga pada hari Sabtu dan Minggu.

"Untuk tujuan perjalanan wisata, mereka memang ada rencana melayani rute Tanjung Jabung Timur ke Pulau Berhala, Pulau Lalang dan Dabo, namun masih menunggu konfirmasi dari sana, sesuai dengan MoU antara Kabupaten Lingga dan Tanjung Jabung Timur," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya armada transportasi yang baru ini, bisa mempermudah masyarakat, terutama bagi yang butuh akses transportasi yang cepat.

"Ya kita berharap dengan adanya kapal baru ini, semoga yang mau berusan ke Dabo atau ke Daik jadi lebih mudahlah," ungkapnya.

Di tempat terpisah, Yudistira salah satu agen SB Alita Express tersebut menginformasikan bahwa kapal ini akan melayani keberangkatan dengan rute normal, sesuai dengan yang dijadwalkan. Namun khusus untuk keberangkatan pada hari Jum'at, kapal ini akan memberangkatkkan penumpang dengan waktu yang agak cepat.

"Satu harinya ada dua trip, pagi pukul 06.45 WIB dan sore pukul 16.30 WIB. Kalau untuk kursi, sebenarnya kursi kami ada 60, tapi kalau untuk penumpang, 52 orang aja. Kalau hari Jum’at kami beda waktunya, menyesuaikan dengan jadwal pegawai lah pak," kata Yudis.

Editor: Yudha