Daerah Perbatasan di Natuna Masih Miskin Sinyal
Oleh : Kalit
Jum\'at | 22-03-2019 | 19:16 WIB
tellkomsel1.jpg
Ilustrasi tower Telkomsel. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna- Sebagai daerah perbatasan, Kecamatan Serasan Induk dan Kecamatan Serasan Timur Kabupaten Natuna masih mengalami krisis sinyal internet.

Demikian ungkap Kepala Desa (Kades) Payak, Arjandi kepada Bupati Natuna Hamid Rizal pada kegiatan temu ramah dengan masyarakat di gedung Aula Kantor Camat Serasan Induk, Jum'at (22/3/2019).

Arjandi sangat mengeluhkan tower yang berada di Desa Payak tidak berfungsi. Menurutnya, tower tersebut seharusnya bisa difungsikan untuk melayani jaringan internet.

"Saat ini sinyal hanya H plus dan 3G, itu pun tidak lancar sinyal mengirim data. Kami mohon Pak Bupati untuk mengaktifkan tower tersebut," harap Arjandi.

Menanggapi hal itu, Bupati Natuna telah mengakomodir keluhan masalah Serasan Timur mengenai jaringan internet. Yaitu, melalui dinas Kominfo Kabupaten Natuna telah mengajukan surat permohonan kepada Kementrian Komunikasi dan Informasi.

"Pemerintah Natuna sudah mendesak dan mengirimkan surat kepada kementrian Kominfo, biar semua daerah yang tidak ada sinyal di Natuna dapat segera menikmati Jaringan Internet," papar Hamid.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Natuna melalui Nawari, Kepala Bidang Infrastrukur Jaringan terkait mengatakan, permohonan perbaikan tower di Desa Payak dan beberapa daerah yang "blank sinyal" akan segera diakamodir tahun 2019.

"Keberadaan tower BTS reguler PT. Telkomsel dengan layanan signal 2G di lokasi terdekat Desa Air Ringau Kecamatan Serasan Timur tidak cukup mengcover lokasi 3 Desa. Maka perlu segera diaktifkan tower di Desa Air Payak dan Desa Arung Ayam," tutur Nawari kepada BATAMTODAY.COM.

Dijelaskan Nawari, surat permohonan revitalisasi tower BTS di USO Telinfo Tuntas Kemkominfo RI Jakarta telah dikirim pada tanggal 19 Maret 2019 lalu. Saat ini mereka sedang di Pulau Bunguran. Untuk progres selanjutnya, Kecamatan Serasan Timur sekaligus Subi akan di perbaiki Tower untuk segera aktif.

Dilanjutkan Nawari, kini tim sedang progres di wilayah bunguran, setelah itu akan ke serasan dan Subi. mudah mudahan semua berjalan sesuai rencana dengan tanpa halangan apa pun.

Editor: Dardani