600 lebih TNI-Polri dan Komponen Terkait Siap Amankan Pemilu 2019 di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 22-03-2019 | 12:40 WIB
apel-pinang.jpg
Kegiatan apel gelar pasukan di Tanjungpinang. (Foto: Roland).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019. Gelar pasukan di Lapangan Pamedan, Jumat (22/3/2019), ini juga untuk meningkatkan sinergitas TNI Polri dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan keamanan yang kondusif.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan Polri, TNI, dengan komponen perangkat lainnya bersama masyarakat. Melaksanakan hal yang sama dengan membangun komitmen bahwa Pemilu 2019 ini adalah bagian dari pesta demokrasi yang harus dijaga dan diyakini akan berjalan dengan aman, damai dan lancar guna kepentingan bangsa dan negara yang lebih besar.

"Termasuk komponen masyarakat dari Linmas dan seluruh perserta yang hadir kurang lebih sekitar 600 lebih. Ini yang ikut hadir dalam apel ini perwakilan dari Polri, TNI, Ormas dan seluruh komponen yabg telah hadir," ujar Ucok.

Ucok menjelaskan, dirinya dengan Dandim 0315 Bintan semakin optimis dan masyarakat kota Tanjungpinang lebih percaya diri untuk ke depan. Sehingga, sisa waktu pemungutan suara ini bisa berjalan tetap dengan lancar.

"Untuk Polres Tanjungpinang dua pertiga dari jumlah seluruh personil dan Kodim sebanyak 192 personil," katanya.

Sementara itu Ucok menjelaskan, titik rawan untuk di Tanjungpinang tentu berdasarkan potensi indeks kerawanan yang dikeluarkan oleh Bawaslu Tanjungpinanh yang saat ini relatif aman. Tapi tetap pihaknya menjaga, siaga, waspada dan hari ini siap siaga ini nampak semua komponen juga hadir serta sarana prasarana juga sudah lengkap.

"Sehingga kami yakin KPU selaku penyelenggara dan Bawaslu dengan semua tahapan pemilu akan disambut antusias oleh masyarakat. Nyoblos itu keren. Silahkan masyarakat berbandong untuk menyoblos," ucapnya.

Menurutnya untuk distribusi logistik pemilu, kalau dengan pelaksanaannya pihaknya mengikuti apa yang dijadwalkan KPU Tanjungpinang Kapan akan menggeser logistik, kotak suara, bilik suara maupun surat suara.

Ditempat yang sama, Letnan Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa menambahkan, berdasarkan untuk wilayah titik Kerawanan ini tidak ada yang rawan, semua aman. Walaupun demikian pihaknya bersinergi sebagai aparat tetap siaga. Di bawah kendali Kapolres Tanjungpinang tetap siaga dan waspada.

"Ini sebagai simbolis pesan seluruh masyarakat, kami dari TNI Polri dan seluruh pihak terkait dengan keamanan pemilu memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa kami dapat mengawal masyarakat sehingga pemilu 2019 tidak ada gangguan," tutupnya.

Editor: Chandra