Sekdaprov Kepri Sebut Realisasi Penyerapan APBD 2019 Terkendala Proses Lelang
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-03-2019 | 19:04 WIB
serapan-apbd-kepri.jpg
Sedakprov Kepri, H TS Arif Fadillah. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekda TS Arif Fadillah mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri untuk segera merealisasikan serapan APBD tahun 2019.

Hingga saat ini, kata Sekdaprov Kepri, realisasian dan serapan anggaran masih sekitar 3,23 persen dan belanja tidak langsung baru mencapai 4 persen. "Saya selalu ingatkan keseluruh Kepala OPD untuk dapat meningkatkan penyerapan anggaran dan mulai melaksanakan. Proyek pembangunan yang ada di masing-masing OPD," ungkap Arif, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Dikatakan Arif, OPD terus diingatkan untuk melaksanakan pembangunan khususnya program prioritas dan strategis agar dapat berjalan dengan lancar.

Arif juga mengatakan lambatnya penyerapan anggaran ini dikarenakan proses di Unit Layanan Pengadaan atau Proses lelang.

"Karena adanya aturan baru dalam Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Biasanyakan yang berperan Pokja (Kelompok Kerja). Tetapi, dalam aturan baru ini harus PPK masing-masing OPD. Jadi itu yang membuat lambat," ujar Arif.

Untuk itu, lanjut Arif, pihaknya terus mengimbau masing-masing Kepala OPD untuk lebih proaktif dalam meningkatkan sinergitas kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk segera menjalankan program yang disusun.

Sehingga perealisasian dan serapan APBD dapat segera berjalan dan terealisasikan. Namun begitu, pihaknya optimis perealisasian anggaran 2019 ini dapat dengan optimal dengan segera.

Editor: Gokli