Berharap Dapat Perhatian APBD Provinsi dan APBN

Stadion di Busung Bintan Sudah Bisa Digunakan Meski Belum Rampung
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 18-02-2019 | 19:54 WIB
stadion-bintan.jpg
Kepala Dinas Perkim Bintan Juni Rianto berama sekretarisnya Bayu Wicaksono. (foto: Syajarul).

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pengerjaan stadion bola kaki di Busung, Kecamatan Srikuala Lobam, hingga kini masih rampung. Pembangunan yang dihrapkan mendapatkan perhatian dari APBD Provinsi dan APBN, justru hingga kini pengerjaan hanya mengandalkan APBD Kabupaten Bintan.

Untuk pembangunannya, sudah menghabiskan miliaran rupiah. Pada tahun 2018 lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, sudah menyelesaikan tahap II.

Kepala Dinas Perkim Bintan Juni Rianto mengatakan meski belum selesai 100 persen, stadion yang katanya akan bertaraf internasional itu, sudah dapat digunakan bagi penghobi olahraga sepak bola.

"Memang belum selesai, tapi masyarakat sudah dapat memanfaatkan kondisi saat ini untuk melakukan olahraga sepak bola di stadion tersebut," ujar Juni saat ditemui di ruangan kerjanya, Kantor Perkim Bintan, di Kijang, Senin (14/2/2019).

Juni menyampaikan, Bupati Bintan sudah meninjau pembangunan ruangan di dalam stadion maupun tribun stadion Megat Alang Perkasa, di Desa Busung, Kecamatan SKL itu, belum lama ini.

"Tribun utama dan sarana lainnya sudah siap. Sebenarnya, pembangunan secara menyeluruh belum bisa dikatakan selesai. Tapi, kalau untuk pertandingan resmi sudah bisa digunakan kok stadion ini," tegas Juni Rianto.

Dilanjutkan Juni, Pemkab Bintan akan melanjutkan pembangunan stadion sepak bola yang akan dilengkapi venue atletik. Namun, pada tahun 2019, alokasi dana direalisasikan untuk penyediaan fasilitas eksterior, landscape taman vegetasi, area parkir, pagar lapangan.

"Kurang lebih Rp7 miliar disediakan dananya pada tahun 2019 ini untuk pembangunan tahap ketiga," sebut Juni Rianto.

Secara keseluruhan, total anggaran yang diperlukan (sesuai DED) untuk pembangunan stadion Bintan ini, mencapai Rp75 miliar. Sampai tahun 2019, dana yang dialokasikan dari APBD Bintan baru mencapai Rp22 miliar, atau sekitar 30 persen dari total anggaran yang diperlukan.

"Rencana awal dulu, pembangunan stadion Bintan ini diharapkan mendapat bantuan dari Pemprov dan APBN. Tapi sampai sekarang, kita hanya mengandalkan APBD Bintan. Makanya pembangunan dilakukan secara bertahap," jelas Juni Rianto.

Editor: Chandra